Contoh Berita Acara Pembentukan Kelompok Tani Hutan, Perikanan Untuk Usaha Bersama


Dalam dunia pertanian, kelompok tani dibentuk sebagai sarana untuk memudahkan koordinasi dan komunikasi antar petani. Baik hubungan antar anggota kelompok tani hewan ternak, perikanan, maupun dengan para pemangku kepentingan lainnya. Di dalam proses pembentukannya, dilaksanakan musyawarah antar pihak yang berkepentingan. Dan sebagai hasil rapat, tentunya ada semacam dokumen berita acara pembentukan kelompok tani. Dokumen ini penting sebagai bukti hasil musyawarah sebagai dasar pembentukan dan pengukuhannya. Karena itu, perlu kiranya memahami mengapa berita acara perlu dibuat serta bagaimana contoh berita kegiatan rapat pembentukan kelompok.

Contoh Berita Acara Pembentukan Kelompok Tani

berita acara pembentukan kelompok tani


Untuk format berita acara pembentukan kelompok tani / GAPOKTAN, bisa Anda lihat seperti dibawah ini. Seperti biasa, Anda bisa download versi Word nya.

Contoh Berita Acara Pembentukan Kelompok Tani Hutan
Berita acara pembentukan kelompok usaha bersama




contoh berita acara pembentukan kelompok tani hutan
Contoh berita acara pembentukan kelompok tani hutan




Mengapa Berita Acara Perlu Dibuat?

Salah satu dokumen penting yang menjadi bukti legalitas suatu kegiatan ini dinamakan Berita Acara. Substansi dari dokumen ini yaitu berupa pengesahan dan pernyataan dari suatu kegiatan ataupun transaksi jual beli. Berita acara digunakan juga sebagai notulen yang menjadi dokumen bukti otentik atas pelaksanaan suatu kegiatan tertentu.  

Dengan melihat fungsi dokumen berita acara inilah, secara umum tujuan pembuatan berita acara adalah untuk mendokumentasikan kegiatan. Dengan kata lain menjelaskan bahwa kegiatan sudah dilaksanakan dengan waktu yang sudah tertera pada dokumen. Termasuk berita acara pembentukan kelompok tani, dalam hal ini adalah untuk mengesahkan hasil musyawarah untuk membentuk kelompok tersebut.

Hal-hal Penting dalam Membuat Berita Acara

Sebelum membahas mengenai contoh berita acara, patut diketahui bagaimana prinsip dalam membuat berita acara. Beberapa hal penting dalam prinip yang dimaksud antara lain :

Menerangkan kronologi pelaksanaan kegiatan yang diuraikan berdasar urutan waktu yang rinci dan jelas.

Mencatat tempat / venue dilaksanakannya acara, termasuk rincian alamat dengan komplit

Pernyataan keterlibatan para pihak dalam kegiatan, dengan cara membubuhkan tandatangan 

Keterlibatan saksi sebagai pernyataan keabsahan bagi dokumen berita acara.

Detail kesepakatan apa saja yang dituangkan di berita acara sesuai dengan jenisnya.

Saat menyusun berita acara pembentukan kelompok tani, tentu harus bisa dipersiapkan dengan baik. Perhatian pada point-point penting dalam membuat berita acara pada kegiatan dimaksud, antara lain :

Harus dipastikan, para pihak yang berpartisipasi pada kegiatan musyawarah tersebut. Semua pihak yang ada dalam acara itu harus dicantumkan dengan rinci. Mulai dari identitas diri, alamat, jabatan, dan sebagainya.

Memastikan pula untuk menyebutkan waktu pelaksanaan kegiatan. Penjelasan harus secara rinci, dengan bahasa hukum yang dituangkan dalam huruf. Di sini, penunjukan waktu kegiatan harus dicantumkan dengan jelas. Mulai dari jam berapa, hari apa, tanggal berapa, bulan apa dan tahun berapa kegiatan dilaksanakan.

Lokasi atau tempat pelaksanaan kegiatan juga menjadi salah satu informasi yang dicantumkan secara detail dalam berita acara. Penyebutan alamat harus lengkap dan dijabarkan secara detail termasuk kode pos.

Pencantuman tanda tangan bagi para pihak yang terlibat dan berperan dalam kegiatan tersebut. Termasuk bila ada, para saksi yang hadir juga menjadi pihak yang harus membubuhkan tanda tangan dalam berita acara.

Setelah mengetahui prinsip pembuatan berita acara serta hal-hal yang harus dicantumkan dalam berita acara tersebut, maka jelaslah bahwa berita acara ini penting sebagai salah satu dokumen legal yang penting. Berikut contoh berita acara pembentukan kelompok tani dengan format sesuai ketentuan di atas.

Format Daftar Hadir Berita Acara Pembentukan Kelompok Tani

Disini Anda bisa download format berita acara dan daftar hadir nya sekaligus dalam format Word.

contoh berita acara pembentukan kelompok tani hutan
Contoh berita acara pembentukan kelompok tani hutan




contoh berita acara pembentukan kelompok tani ternak
Contoh berita acara pembentukan kelompok tani ternak




contoh daftar hadir pembentukan kelompok tani
Contoh daftar hadir pembentukan kelompok tani

DOWNLOAD/download/button

Dalam kegiatan musyawarah untuk membentuk kelompok tani, pasti diawali dengan menghadirkan berbagai pihak yang berkepentingan. Selain para petani itu sendiri, hadir pula para kepala wilayah, mulai dari kepala desa, badan permusyawaratan desa, tokoh masyarakat, serta pihak pemerintah pengampu bidang teknis, yaitu dinas pertanian setempat. Hasilnya rapat, akan didapatkan struktur pengurus kelompok tani yang terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara hingga seksi-seksi atau bidang-bidang sesuai kebutuhan kelompok tani tersebut. Berikut contoh berita acara pembentukan kelompok tani dalam bentuk template format dokumen.

BERITA ACARA PEMBENTUKAN KELOMPOK TANI X

Pada hari ini (sebutkan hari pelaksanaan acara) Tanggal (sebutkan dalam format huruf) bulan (sebutkan dalam format huruf) tahun (sebutkan dalam format huruf), bertempat di (sebutkan tempat pelaksanaan acara), para pihak yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan telah mengikuti musyawarah dalam rangka Pembentukan Kelompok Tani (nama kelompok tani), dengan dihadiri para peserta sebagaimana tertera dalam daftar hadir (dilampirkan).

Adapun hasil rapat / musyawarah telah menyepakati beberapa hal sebagai berikut:

Nama Kelompok Tani : (nama kelompok tani)

Desa/Kelurahan : (nama desa)

Kecamatan : (nama kecamatan)

Kabupaten/Kota : (nama kabupaten/kota)

Provinsi : (nama provinsi)

Susunan Kepengurusan

Ketua : (nama ketua terpilih)

Sekretaris : (nama sekretaris terpilih)

Bendahara : (nama bendahara terpilih)

Seksi / Bidang :

Demikian Berita Acara ini dibuat dengan sebenar-benarnya untuk dipergunakan sebagai dasar dalam Pembentukan Kelompok Tani oleh Kepala Desa/Lurah.

(Para pihak yang bertanda tangan)

Ketua BPD (Nama .....)

Kepala Desa/Lurah  (Nama.....)

Wakil Masyarakat (Nama)

 =======================================


Demikianlah contoh berita acara pembentukan kelompok tani yang dijabarkan dalam format yang sederhana namun sudah mencakup semua ketentuan. Semoga bermanfaat.


Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post