Syarat, Contoh & Cara Membuat Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)


Bagaimana cara membuat Surat Izin Usaha Perdagangan? Apa saja syarat membuat SIUP? 

Mempunyai Surat Izin Usaha Perdagangan adalah langkah awal sebelum memulai usaha jual-beli. SIUP adalah izin untuk melakukan suatu usaha berupa jasa atau barang. Ketika ingin menjalankan sebuah usaha yang berkaitan dengan barang atau jasa sebaiknya mempunyai SIUP. Patuh terhadap aturan negara dengan membuat surat tersebut adalah suatu hal yang patut diapresiasi. Daftar Surat Izin Usaha Perdagangan sebagai tanda memulai langkah awal memiliki usaha. 

surat izin usaha perdagangan

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat SIUP. Sebelum membuat surat tersebut sebaiknya menyesuaikan dengan keadaan masing-masing orang yang akan mengajukan surat tersebut. Hampir setiap usaha yang memiliki surat izin usaha akan diverifikasi dan diakui oleh negara. Menjadi bagian dari pengusaha dan memiliki surat resmi merupakan suatu hal yang taat terhadap negara. 

Masa beralaku SIUP ini adalah 5 tahun. Nantinya setelah 5 tahun perusahaan harus mengusulkan ulang kepada pihak yang mengurus SIUP tersebut. Hal ini bukan suatu permasalahn yang ribet apabila sudah terbiasa dan mematuhi aturan yang ada. Dengan adanya perpanjangan SIUP tersebut tentu pihak verifikator bisa mengetahui perkembangan usaha yang sedang dijalankan. Dengan ini Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) mampu menjadi langkah awal patuh terhadap aturan. 

Baca: Contoh SK Pengangkatan Ketua Yayasan alert-info

Syarat Surat Izin Usaha Perdagangan yang Harus Dipersiapkan

Ada beberapa persyaratan yang harus dipersiapkan dalam membuat SIUP. Dengan ini, sebelum berangkat ke Kantor Dinas Perdagangan terdekat sebaiknya dilakukan pengecekan berulang kali sampai dirasa tidak ada yang ketinggalan. Ada beberapa ketentuan dan syuarat yang harus dibawa ketika membuat SIUP adalah sebagai berikut. 

1. Unduh Formulir Permohonan Secara Online

Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin maju membuat beberapa hal bisa diakses melalui online. Hal ini tentu akan memudahkan bagi orang yang ingin mengajukan permohonan untuk membuat SIUP. Karena ketika seseorang ingin mengajukan permohonan SIUP harus mengetik manual ada kemungkinan banyak kesalahan yang terjadi, mulai dari segi format, kalimat, dll. 

2. FC Surat Izin Keberadaan Lokasi Usaha Bisnis

Tentu memilih lokasi usaha sebelum memulai bisnis akan dilakukan. Nah, ketika sudah memiliki sebuah lokasi, hal dan langkah kedua ini harus dilakukan, yaitu memilih lokasi usaha. 

Baca Juga: Contoh Surat Pengantar dari Kepala Sekolah alert-info

3. FC HO

HO adalah surat izin gangguan. Hal ini sebagai persyaratan yang nomor 3 dan harus dipenuhi oleh beberapa pemohon dalam mebuat SIUP. Dalam menjalankan sebuah usaha tentu saja akan menemui beberapa kendala yang harus dipersiapkan antisipasi dari sebelum memulai usaha agar tidak terburu-buru dan panik ketika masalah itu datang. 

4. Siapkan Materai Rp.6.000 

Dalam pembuatan permohonan SIUP membutuhkan materai sebanyak 2 buah. Ada pun hal tersebut sebagai tanda sah dalam melakukan perjanjian di atas materai. 

5. Data Peralatan Usaha

Tuliskan dengan rinci hal yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha. Pada syarat ini jangan terburu-buru dalam menuliskan, tapi cermati kembali sampai tidak ada yang tertinggal.

6. Menambah Sub Bidang Usaha

Syarat ini bisa dilakukan pada pengisian formulir permohonan usaha. Hanya saja harus menyesuaikan dengan usaha yang dimiliki.

Ketahui: Syarat Gadai BPKB Motor di Pegadaian Resmi alert-info

Cara Membuat Surat Izin Usaha Perdagangan yang Lengkap

1. Datang ke Kantor Dinas Perdagangan

Melakukan pengurusan SIUP bisa datang ke Kantor Dinas Perdagangan terdekat. Tentunya dengan membawa syarat-syarat yang sudah disiapkan terlebih dahulu. Cara mengakses syarat-syarat bisa dilakukan di mesin pencarian google. 

2. Ambil Formulir Pendaftaran

Biasanya petugas yang berjaga di depan akan menanyakan apa kebutuhan datang ke Kantor Dinas Perdagangan. Ketika sudah jelas apa tujuan dari pemohon, maka petugas akan mengarahkan untuk melakukan langkah yang harus dilakukan. 

Baca Dulu: Contoh Surat Pernyataan Sanggup Tidak Menikah alert-info

3. Isi dan Siapkan Materai Rp.6.000

Ketika mengisi surat izin membuka usaha tersebut sebaiknya dilakukan dengan teliti. Ada beberapa hal yang bisa membuat surat tersebut harus melakukan pengisian formulir ulang. Dengan bubuhan materai Rp.6000 juga menandakan adanya negara dalam pembuat surat tersebut. 

4. Bayar SIUP

Nominal dalam pembayaran SIUP ini akan berbeda-beda dan tergantung dengan ketetapan yang dilakukan oleh daerah. Tentu pembayaran SIUP ini sudah dipikirkan matang-matang oleh pemerintah dan dibuat ala kadarnya agar tidak menyusahkan masyarakat. 

Cara-cara di atas merupakan langkah yang harus dilakukan ketika membuat SIUP. Nah, tinggal menunggu hasil jadi dari SIUP itu yang kurang lebih selama 2 minggu. Setelah jadi biasanya akan diarahkan ke kecamatan untuk diambil. 

Baca Juga: Struktur Organisasi Karang Taruna dan Tugasnya alert-info

Contoh Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

Berikut ini adalah contoh format Surat Izin Usaha Perdagangan:

daftar surat izin usaha perdagangan


contoh surat izin usaha perdagangan (siup)


contoh surat izin usaha perdagangan (siup)


Surat Izin Usaha Perdagangan Itu Wajib Punya Bagi Pelaku Usaha

Mempunyai surat izin dalam melakukan usaha akan membuat lebih tenang dalam melakukan bisnis. Karena ketika belum terdaftar sebagai bagian dari usaha yang sah, banyak risiko yang harus ditanggung oleh pengusaha. Ada beberapa risiko yang harus ditanggu oleh pelaku usaha ketika menjalankan usaha dengan tanpa surat izin tersebut. 

Baca Dulu: Contoh Surat Pernyataan Pinjaman Uang alert-info

Sebaik-baik usaha dan ketika mengalami perkembangan pasti akan banyak berinteraksi dengan banyak orang. Nantinya jika ada suatu waktu seorang petugas datang dan bertanya usaha yang dimiliki ternyata masih bodong atau tidak memiliki surat izin usaha, maka akan sangat tidak diinginkan. Dengan adanya surat izin usaha bisa mendaftarkan perusahaan yang diampu menjadi lebih tenang dijalankan. 

Kami akan menyebutkan beberapa manfaat ketika sudah mempunyai SIUP, seperti: sah dianggap sebagai usaha sesuai aturan yang ada, adanya sengketa lokasi dapat dikuatkan ketika memiliki SIUP, penunjang usaha perdagangan, dsb. Hal-hal itu akan menanggulangi jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan sewaktu-waktu terjadi.

Baca Juga: Contoh Surat Ijin OPrang Tua Untuk Bekerja di Alfamart alert-info

Ada pun beberapa rincian artikel di atas dapat dijadikan referensi dalam membuat SIUP yang baik dan benar. Karena SIUP akan dibutuhkan dalam menjalankan suatu usaha, maka untuk mencarinya juga harus memperhatikan petunjuk yang ada. Mempunyai Surat Izin Usaha Perdagangan merupakan awal mula usaha berjalan dengan lancar dan sukses.

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post