Download [Word] Contoh Surat Pernyataan Sanggup Tidak Menikah Selama Menjadi Peserta Magang


Contoh surat pernyataan sanggup tidak menikah – Sebelum benar benar menjadi karyawan tetap, banyak perusahaan yang memberlakukan sistem magang untuk para karyawan baru. Magang sendiri adalah bagian dari pelatihan kerja yang diselenggarakan perusahaan dengan tujuan untuk mempersiapkan karyawan. Selama masa ini, tidak jarang karyawan diminta membuat contoh surat pernyataan tidak menikah selama menjadi peserta magang.

Apa Itu Surat Pernyataan ?

Contoh surat pernyataan sanggup tidak menikah

Surat pernyataan merupakan sebuah penjelasan tertulis mengenai kondisi atau situasi seseorang, dimana maksud pembuatannya adalah untuk memberikan keterangan terkait suatu hal yang penting. Surat pernyataan ini bisa dibuat oleh berbagai kalangan masyarakat, baik itu secara individu atau personal, kelompok, maupun organisasi atau perusahaan besar.

Tujuan dari pembuatan surat pernyataan mencakup pemberian ikatan pada seseorang atau kelompok, untuk menjelaskan, mengakui, maupun menyanggupi sesuatu hal tertentu. Yang mana sifat dari surat pernyataan ini resmi, sehingga tidak boleh ditulis sembarangan dan harus menggunakan Bahasa Indonesia yang baku.

Download: Contoh Surat Panggilan Orang Tua alert-info

Selain itu, surat pernyataan juga berisikan tanda tangan dari pihak yang bersangkutan. Untuk contoh surat pernyataan tidak menikah selama menjadi peserta magang, maka yang bersangkutan adalah karyawan atau orang yang menjadi peserta magang tersebut. Sehingga orang ini lah yang harus bertanda tangan di dalam surat pernyataan.

Di samping pembubuhan tanda tangan, diperlukan juga pemberian materai di dalam surat pernyataan yang dibuat. Ini dilakukan untuk menambah kesan kesungguhan dari isi pernyatan di dalam surat tersebut. Dengan demikian, maka pihak yang membuat surat bisa memperkuat makna dari surat yang dibuatnya.

Baca Dulu: Contoh Surat Panggilan Siswa Yang Bermasalah alert-info

Fungsi Surat Pernyataan

Fungsi dari surat pernyataan sebenarnya bisa sangat beragam, tergantung dari jenis surat pernyataan yang dibuat. Namun umumnya, fungsi dari surat pernyataan ini dapat ditujukan untuk pihak yang membuatnya, pihak yang menerimanya, serta pihak yang dinyatakan di dalam surat pernyataan tersebut.

Fungsi untuk setiap pihak yang bersangkutan ini tentunya cukup penting. Dimana bagi pihak pembuatnya, surat pernyataan bisa dijadikan dalil atau bukti mengenai suatu hal yang ia tulis di dalam. Jadi dengan adanya surat ini, maka pihak yang membuat bisa menyampaikan dengan lugas maksud yang ingin ditujukan kepada pihak penerima.

Sementara bagi pihak yang menerima, surat pernyataan tersebut bisa dijadikan sebagai dalil atau bukti kuat apabila isinya tidak sesuai dengan perjanjian awal yang sudah dibuat serta disetujui bersama dengan pihak pembuat surat pernyataan. Sehingga pihak penerima bisa mengajukan pertanggungjawaban secara resmi apabila terbukti isinya tidak sesuai dengan kenyataan.

Pada kasus surat pernyataan yang melibatkan pihak lain untuk turut disertakan atau disebut di dalam surat pernyataan, maka surat tertulis ini juga bisa berfungsi sebagai penguat dalil atau barang bukti ketika terjadi sengketa atau perkara yang kurang tepat terkait dengan salah satu pihak yang bersangkutan.

Baca Juga: Cara Membuat Nomor Surat Resmi alert-info

Struktur Umum Surat Pernyataan

Struktur umum dari surat pernyataan, termasuk contoh surat pernyataan tidak menikah selama menjadi peserta magang, pada dasarnya tidak begitu jauh berbeda dengan surat yang lain. Hanya saja surat pernyataan sanggup tidak menikah ini sifatnya resmi, sehingga harus dibuat sedemikian rupa sesuai dengan struktur yang baik.

Mulai dari judul surat harus ditulis dengan baik menggunakan huruf kapital serta dicetak tebal, yang mana letak judul atau nama surat ini berada tepat di tengah. Setelah judul tertulis, berikutnya adalah isi. Isi di sini umumnya ada tiga, yaitu identitas dari pembuat surat, keterangan yang ingin disampaikan, serta identitas dari pihak yang ingin dinyatakan.

Untuk contoh surat pernyataan bersedia tidak menikah selama menjadi peserta magang, berarti identitas dari pihak yang ingin dinyatakan maksudnya adalah perusahaan tempat si pembuat surat pernyataan ini bekerja. Lalu yang terakhir dibubuhkan materai dan tanda tangan di atas materai, agar keabsahan contoh surat pernyataan tidak menikah selama menjadi peserta magang semakin kuat.

Baca Juga: Contoh Surat Pemberitahuan Karyawan alert-info

Contoh surat pernyataan tidak menikah selama menjadi peserta magang

Berikut contoh surat pernyataan belum menikah saat menjadi peserta magang yang bisa anda gunakan.

SURAT PERNYATAAN


Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama lengkap : Kiwil Bayu

Tempat / Tanggal Lahir : Jakarta, 26 April 1986

Kewarganegaraan : Indonesia (WNI)

Jenis Kelamin : Laki – laki 

Agama : Islam

Status : Belum kawin

Alamat : Jl Pandeglang, Sukowaru Jakarta Timur

Telphone/No HP : 0899123654

Pendidikan terakhir : SMA


Dengan ini menyatakan bahwa tidak akan menikah selama menjadi peserta magang di PT Bumi Putera Sejahtera Sekali.

Demikian surat pernyataan ini dibuat dengan sebenar-benarnya dengan penuh rasa tanggung jawab tanpa paksaan dari pihak manapun. Apabila dikemudian hari terjadi pelanggaran maka saya bersedia menerima sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku di PT Bumi Putera Sejahtera Sekali.


                        Jakarta, 21 November 2022

Mengetahui

Orang tua/Wali             Yang menyatakan



Dalijo Abrakadabra                               Kiwil Bayu




Demikian pembahasan contoh surat pernyataan sanggup tidak menikah yang bisa Anda download secara gratis. Semoga berguna bagi Anda semua ya, jangan lupa like dan share!

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post