Bagan Struktur Organisasi Karang Taruna & Tugasnya,Tingkat RT - RW atau Desa


Struktur Organisasi Karang Taruna dan Tugasnya - Karang Taruna merupakan salah satu organisasi kepemudaan di tingkat wilayah desa atau kelurahan yang dimanfaatkan sebagai wadah pengembangan generasi muda untuk dapat tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh, dan untuk masyarakat. Organisasi kepemudaan ini bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial yang harus senantiasa peka terhadap permasalahan di lingkungannya dan bertanggungjawab secara sosial untuk turut berusaha menanganinya. 

struktur organisasi karang taruna dan tugasnya

Organisasi karang taruna umumnya dibentuk atas kebutuhan suatu desa atau kelurahan tertentu, namun tidak menutup kemungkinan suatu RT atau RW juga membutuhkan upaya pembentukan organisasi kepemudaan tersebut. Struktur kepengurusan karang taruna dari dulu hingga tahun 2021 pada dasarnya hampir sama saja. Berikut ini adalah struktur dan bagan organisasi karang taruna dan tugasnya.


Struktur Organisasi Karang Taruna Desa

Karena termasuk sebagai salah satu organisasi yang bersifat formal, struktur organisasinya tentu saja minimal terdiri ketua, sekretaris, dan bendahara. Adapun struktur karang taruna desa 2021 terbaru tetap mengacu pada Peraturan Menteri Sosial No. 77/HUK/2010 tentang Pedoman Dasar Karang Taruna (Permensos 77/2010). Adanya peraturan Menteri yang mengatur mengenai hal ini bertujuan agar struktur organisasi karang taruna bisa lebih progresif, fleksible, dan dapat dipertanggungjawabkan. Adapun susunan struktur organisasinya, yaitu:

1. Ketua

2. Wakil Ketua

3. Sekretaris

4. Wakil Sekretaris

5. Bendahara

6. Wakil Bendahara

7. Bidang Pendidikan dan Pelatihan

8. Bidang Usaha Kesejahteraan Sosial

9. Bidang Usaha Kelompok Bersama

10. Bidang Kerohanian dan Pembinaan Mental

11. Bidang Olahraga dan Seni Budaya

12. Bidang Lingkungan Hidup

13. Bidang Hubungan Masyarakat dan Kerjasama Kemitraan

Sementara itu, struktur organisasi karang taruna tingkat RT dan RW pada dasarnya memiliki bagan struktur organisasi karang taruna yang hampir sama. Struktur kepengurusan di atas hanya merupakan struktur acuan dalam pembentukan suatu struktur organisasi karang taruna yang dapat disesuaikan dengan kondisi yang ada.


Tugas Pengurus Karang Taruna

Setelah mengetahui struktur organisasinya, selanjutnya yaitu mengetahui tugas dari masing-masing peran yang ada di dalam struktur tersebut. Berikut ini adalah tugas dari masing-masing stakeholder yang ada dalam struktur organisasi karang taruna.

1. Ketua

Ketua tugasnya yakni untuk mengkoordinir dan mengatur seluruh aktivitas organisasi dan pelaksanaan program kerjanya. Seluruh aktivitas tersebut selanjutnya akan dipertanggungjawabkan secara internal kepada Rapat Pengurus Pleno (RPP) dan Temu Karya pada masa baktinya.

2. Wakil Ketua

Wakil ketua tugasnya yaitu untuk mengkoordinasikan dan mengorganisasikan seluruh penyelenggara progran kerja diseluruh bidang dalam pengurusan untuk kemudian dipertanggungjawabkan kepada ketua.

3. Sekretaris

Sekretaris tugasnya yaitu mengkoordinasikan seluruh pelaksanaan roda organisasi dalam hal administrasi dan tata kelola organisasi yang pertanggungjawabannya kepada ketua.

4. Wakil Sekretaris

Tugas dari wakil sekretaris yaitu mengkoordinasikan seluruh aktivitas penyelenggaraan kesekretariatan dan tata usaha organisasi untuk kemudian dipertanggungjawabkan kepada sekretaris.

5. Bendahara

Bendahara tugasnya yaitu untuk mengkoordinir seluruh aktivitas pengolahan keuangan atau dana organisasi serta kemudian mempertanggungjawabkannya kepada ketua

6. Wakil Bendahara

Tugas dari wakil bendahara yaitu membantu bendahara dalam mengkoordinasikan aktivitas pengelolaan keuangan organisasi beserta pembukuannya.

7. Bidang Pendidikan Dan Pelatihan

Tugasnya yaitu untuk mengkoordinasikan dan mengorganisasikan seluruh aktivitas program kerja dan penyeleggaraan kebijakan organisasi dalam hal yang berkaitan dengan pendidikan dan pelatihan dalam organisasi.

8. Bidang Usaha Kesejahteraan Sosial

Tugasnya yaitu mengorganisasikan dan mengkoordinasikan seluruh penyelenggaran aktivitas program kerja serta pelaksanaan kebijakan organisasi dalam hal yang berkaitan dengan usaha kesejahteraan sosial organisasi. 

9. Bidang Kelompok Dan Usaha Bersama

Tugasnya yaitu untuk mengorganisasikan dan mengkoordinasikan seluruh penyelenggaran aktivitas program kerja serta pelaksanaan kebijakan organisasi dalam hal yang berkaitan dengan Kelompok Usaha Bersama dan Koperasi Karang Taruna.

10. Bidang Kerohanian Dan Pembinaan Mental

Tugasnya yaitu untuk mengorganisasikan dan mengkoordinasikan seluruh aktivitas penyelenggaraan program kerja serta pelaksanaan kebijakan organisasi dalam hal yang berkaitan dengan Bidang Kerohaian dan Pembinaan Mental. 

11. Bidang Olahraga Dan Seni Budaya

Tugasnya yaitu untuk mengorganisasikan dan mengkoordinasikan seluruh penyelenggaran aktivitas program kerja serta pelaksanaan kebijakan organisasi dalam hal yang berkaitan dengan Olahraga dan Seni Budaya dalam organisasi.

12. Bidang Lingkungan

Tugasnya yaitu untuk mengorganisasikan dan mengkoordinasikan seluruh penyelenggaran aktivitas program kerja serta pelaksanaan kebijakan organisasi dalam hal yang berkaitan dengan Pemeliharaan Lingkungan Hidup.

13. Bidang Hubungan Masyarakat Dan Kerjasama Kemitraan

Tugasnya yaitu untuk mengorganisasikan dan mengkoordinasikan seluruh penyelenggaran aktivitas program kerja serta pelaksanaan kebijakan organisasi dalam hal yang berkaitan dengan hubungan masyarakat dan kerjasama kemitraan.


Contoh bagan struktur organisasi karang taruna RW / Desa

Berikut ini adalah contoh struktur bagran Karang Taruna desa.

Bagan Struktur Organisasi Karang Taruna
Contoh Bagan Struktur Organisasi Karang Taruna 1

Bagan Struktur Organisasi Karang Taruna
Contoh bagan 2



Bagan Struktur Organisasi Karang Taruna
Contoh struktur bagan 3

Demikian uraian tentang struktur organisasi karang taruna dan tugasnya, semoga bermanfaat buat Anda semua.

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post