Download Contoh Surat Kuasa Mewakili Ahli Waris Kepemilikan Tanah


Contoh surat kuasa ahli waris kematian doc - Jual beli tanah merupakan suatu hal yang membutuhkan banyak persyaratan. Persyaratan tersebut harus ada, agar transaksi jual beli tanah menjadi sah. Salah satu persyaratanya yaitu harus memiliki Surat Keterangan Ahli Waris atau biasa disebut dengan Surat Kuasa Mewakili Ahli Waris.

contoh surat kuasa ahli waris kematian doc

Dalam hukum Indonesia ada dua klarifikasi surat keterangan atau surat kuasa, yang pertama resmi atau formal dan yang kedua tidak resmi atau non formal.Surat keterangan ahli waris atau surat kuasa ahli waris merupakan surat yang di perlukan dalam proses jual beli tanah atau rumah. Biasanya di dalam surat kuasa ahli waris yang tertera adalah nama ahli warisnya. 

Ahli waris adalah penerus warisan orang yang telah meninggal baik yang memiliki segi keturunan, maupun karena ada ikatan yang sah. Surat kuasa ahli waris di berikan kepada ahli warisnya agar dapat menjual harta warisan orang yang memiliki warisan. Sedangkan untuk surat kuasa mewakili ahli waris yaitu surat yang diberikan untuk seseorang yang ditunjuk mengurus harta warisan milik ahli waris. 

Isi Surat kuasa mewakili ahli waris di perlukan untuk memberikan kuasa kepada orang yang di tunjuk untuk keperluan tertentu seperti menjual, membeli tanah, rumah, bangunan atau harta warisan tersebut. Dalam artikel kali ini akan membahas mengenai contoh surat kuasa mewakili ahli waris dan contoh surat pernyataan ahli waris.

Contoh Surat Kuasa Mewakili Ahli Waris Tanah

Kenapa harus ada surat kuasa? Surat kuasa sangat penting sekali, dulu sebelum ada perundangan yang mengatur berlakunnya surat kuasa, warisan hanya di tunjuk tanpa adannya keterangan di atas hitam putih. Karena tak ada perjanjian yang sah membuat banyak orang yang kena penipuan.

Baca Juga: Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Pabrik alert-info

Sekarang surat kuasa sangat diperlukan. Ada surat kuasa yang ditunjukkan secara langsung kepada ahli warisnnya da nada yang ditunjukkan kepada wakil ahli waris. Biasanya untuk mengatur jual beli, terkait pensiunan, gaji pokok, utang piutang si waris. Di urus terlebih dahulu melalui wakil ahli waris selanjutnnya di serahkan kepada ahli waris.

Contoh surat kuasa ini dapat di lihat dalam website resmi dan terpecaya. Beberapa website yang memberikan contoh surat kuasa mewakili ahli waris adalah Scribd, academia.edu, lega lakses dan selasar. 

Baca Dulu: Contoh Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua Untuk Beasiswa Kuliah alert-info

Namun begitu, Anda bisa download langsung di sini dengan file doc atau bisa diedit langsung dengan aplikasi Microsoft Word.

contoh surat kuasa mewakili ahli waris


SURAT KUASA AHLI WARIS


Kami yang bertanda tangan dibawah ini adalah ahli waris yang sah dari almarhum …………………yang meninggal dunia pada tanggal ……………………… di ……………………… berdasarkan Surat Kematian dari kepala desa No. ……………………………….

Dengan ini menyatakan dengan sebenarnya bahwa hubungan kami dengan almarhum ……………………………. adalah sebagai berikut:


1. ………………………………………

2. ………………………………………

3. ……………………………………….


Demikian Surat Keterangan ini kami buat dengan sebenar-benarnya untuk mengambil simpanan …………………………… No. Rekening …………………………………atas nama …………………………………… sebesar ………………………………………………. (……………………………………………………………………………………………..)

Di Bank ……………………………………………………yang ditunjuk untuk mengambil simpanan serta menandatangani formulir yang diperlukan.

Untuk hal tersebut diatas kami sepakat menunjuk atau memberikan kuasa kepada salah seorang ahli waris tersebut diatas yaitu ……………………………….


Mengetahui,             ……………………., Februari …… 20….

Kepala Desa …………………………… Yang memberi kuasa:

                                                                                                1. ………………………………….

                                                                                                2. ………………………………….

                                                                                                3. …………………………………..(………………………………………………….)


                Yang diberi kuasa



    (……………………………………………..)



DOWNLOAD/download/button


Hal yang perlu ada dalam surat kuasa mewakili ahli waris adalah judul, No surat, jika ada lembaga organisasinya di cantumkan. Di bagian isi harus ada data diri pemberi kuasa, data diri penerima kuasa, pernyataan penyerahan kuasa dan pernyataan konsekuensi yang berlaku pada kuasa. Penutup ada tanda tangan kedua belah pihak dan di sertai dengan materai.

Baca Juga: Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang alert-info

Contoh Surat Pernyataan Ahli Waris Tunggal

Surat pernyatan ahli waris biasannya sama dengan surat jual beli yang lainnya. yang membedakannya terletak pada tertera di tunjukkan untuk siapa. Kalau surat pada umumnya ditunjukkan pada pemiliknya, sedangkan surat pernyataan ahli waris ditunjukan kepada ahli warisnya.

contoh surat kuasa untuk mewakili ahli waris



SURAT KUASA TANAH


Yang bertanda tangan dibawah ini :


Nama : Dalijo Atmo Satrodilogo

Nomor KTP : 2323929383276

Nomor Telp. : 0899272666

Agama : Islam

Alamat : Glagahsari UH IV No 102 Yogyakarta


Dengan ini memberikan kuasa kepada :


Nama : Kholik Gayuso

Nomor KTP: 119282777366662

Nomor Telp: 083477510969

Agama: Islam

Alamat : Glagahsari UH IV No 102 Yogyakarta


Diberikan kuasa penuh atas sebidang tanah dan rumah yang terletak di RT 01 RW 02 Desa Gilingsari Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul yang luasnya 510 m2 dengan nomor SHM 11228377 atas nama Bapak Dalijo Atmo Satrodilogo. Tidak seorangpun yang berhak untuk memasarkan maupun menjual selain Bapak Kholik Gayuso. Dan bila tanah tersebut terjual maka Bapak Kholik Gayuso akan mendapatkan komisi sebesar 2,5% dari hasil penjualan tanah tersebut. Surat kuasa ini berlaku satu tahun dari penandatangan surat kuasa ini.

Demikian surat kuasa ini dibuat sebenar-benarnya tanpa adanya paksaan dari pihak manapun serta dalam keadaan sehat jasmani maupun rohani. Dan apabila pemberi kuasa melanggar kescpakatan maka siap untuk diberi sanksi sesuai hukum yang berlaku.


                                                                                                                Bantul, 02 Juli 2022


Pemberi Kuasa              Pencrima Kuasa



Dalijo Atmo Satrodilogo     Kholik Gayuso


Saksi-Saksi Ahli Waris

1. Marno

2. Tukijo 

3. Khode


DOWNLOAD/download/button


Baca Dulu: Contoh Surat Kuasa Ahli Waris Untuk Bank BRI alert-info

Dalam surat pernyataan ahli waris ini di pergunkan jika si ahli waris sudah meninggal atau bertempat tinggal yang jauh pada harta warisnya. Sehingga proses pengurusnya bisa di lakukan kepada ahli warisnya ataupun wakil ahli warisnya. Surat pernyataan ahli waris ini sangat di perlukan guna agar harta warisan milik si waris jatuh pada di ahli waris atau wakil ahli waris secara sah.  

Syarat yang harus di perlukan dalam surat pernyataan ahli waris adalah dokumen-dokumen milih si waris seperti surat telah meninggal dunia, surat penguburan, KK, surat pencatatan sipil dan lain sebagainnya. Surat ini juga di berikan sebagai proses administrasi dalam jual beli harta warisan.

Baca: Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijasah alert-info

Contoh surat pernyataan ahli waris ini dapat di lihat atau dapat di jadikan contoh melalalui situs website terpercaya yaitu kabar pajak, scribd, academia.edu, artikel.rumah123 dan lain sebagainnya.

Baca Juga: Contoh Surat Kuasa Pengambilan Paspor alert-info

Itu tadi penjelasan mengenai contoh-contoh surat kuasa mewaki ahli waris atau surat keterangan ahli waris. Semoga situs yang website yang saya berikan dapat membantu pembaca dalam membuat surat kuasa mewakili ahli waris atau surat keterangan ahli waris. Namun jika Anda males ke situs-situs tersebut silahkan copy atau download file doc Word nya diatas. Trimakasih.

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post