Contoh Surat Tugas Dari Kepala Sekolah Kepada Guru


Contoh surat tugas dari kepala sekolah - Surat tugas guru biasanya ditandangani oleh kepala sekolah untuk mengikuti suatu acara. Bisa berupa Diklat atau pelatihan sampai MGMP tingkat lokal. Surat penugasan ini diberikan kepada panitia pelaksana atau instansi yang menerima atau yang mengundang. Kepala sekolah juga dapat membuat surat pelimpahan tugas kepada guru atau karyawan yang ditunjuk.

contoh surat tugas dari kepala sekolah

Nah, bagi Anda yang belum tahu seluk beluk contoh surat tugas ini, mari membaca artikel ini hingga akhir agar tahu format contoh surat tugas dari kepala sekolah. 

Format Surat Tugas dari Kepala Sekolah

Definisi surat tugas ialah mandat seseorang maupun kelompok supaya memenuhi suatu tugas di luar mengajar.

Misalnya, surat tersebut dimandatkan ke guru berarti surat itu termasuk surat penugasan yang meminta seseorang maupun kelompok tertentu supaya berpartisipasi di suatu acara. Sejumlah acara yang memerlukan surat mandat/tugas ialah seminar, diklat, hingga lokakarya. Kegiatan itu dapat diikuti karena keinginan pribadi, perintah, hingga pelimpahan tugas pimpinan sekolah ke orang kepercayaan.

Baca Dulu: Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Pabrik alert-info

Mari mencermati contoh surat tugas dari kepala sekolah yang disajikan kali ini. Ini termasuk contoh penugasan dengan tujuan meminta guru supaya berpartisipasi dalam seminar. Bentuk/format contoh surat tersebut juga tidak salah kalau dijadikan pedoman ketika menulis surat keterangan melaksanakan tugas mengajar yang kepala sekolah mandatkan. Perbedaannya terdapat pada keperluan atau pelimpahan tugas/wewenang saja.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN

DINAS PENDIDIKAN

SMK 21 LAMONGAN

Jln. Jendral Soedirman, Lamongan. Telepon: (031) 21849375

=========================================================

SURAT TUGAS

Nomor: 29/129/SMKN10/VIII/2021


Yang menandatangani di bawah ini:

Nama          : Subagyo, S.Pd., M.Pd.

NIP             : 19801229 200303 1 036

Pangkat/gol : Pembina Utama Muda IV/c

Jabatan        : Kepala Sekolah 

Unit kerja    : SMK 21 Lamongan


Memberikan mandat kepada:

Nama          : Ramadhan, S.Pd. 

NIP             : 19900830 201303 1 015

Pangkat/gol : Juru Tingkat I

Jabatan        : guru

Unit kerja    : SMK 21 Lamongan


Untuk berpartisipasi pada Seminar Literasi di Perpustakaan Lamongan pada Senin, 12 Agustus 2021.


                                                                                                Lamongan, 9 Agustus 2021

                                                                                                Kepala Sekolah,


                                                                                                Subagyo, S.Pd., M.Pd.

                                                                                                NIP. 19801229 200303 1 036


Anda bisa langsung seleksi dan copy ke Ms Word pada layar laptop atau komputer, tidak perlu mendownloadnya.

Baca Juga: Contoh Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua Untuk Beasiswa Kuliah PPA alert-info 

Kegunaan Surat Tugas dari Kepala Sekolah

Kita kini jadi paham contoh surat tugas dari kepala sekolah. Kegunaan surat tugas perlu kita pahami juga akan tidak salah dalam menggunakannya. Setidaknya tiga kegunaan dari surat tugas yang hendak diulas di sini.

1. Sebagai Berkas yang Sah

Suatu surat yang ditulis langsung oleh sekolah pastinya tergolong formal. Begitu pula dengan surat tugas dari kepala sekolah. Hal itu menjadikan surat jenis boleh dipakai untuk mengesahkan seseorang maupun kelompok tertentu supaya dapat mengerjakan tugas/tanggung jawab yang telah diterimanya. 

2. Difungsikan Sebagai Bukti Resmi

Sesudah mencermati contoh surat tugas dari kepala sekolah, kita kini paham kalau surat tersebut ditandatangani oleh orang tertinggi di sekolah dan distempel. Keberadaan aspek-aspek tadi menjadikan surat tugas menjadi salah satu bukti/penanda resmi ketika menghadiri acara tertentu. Pihak luar pun tidak meragukan dan tidak mempermasalahkan kehadiran wakil sekolah tersebut.

3. Berguna Mempermudah Tanggung Jawab Orang yang Diberi Mandat

Ditulisnya surat pelimpahan tugas yang ditandatangani kepala sekolah tentunya mempermudah orang yang diberi mandat dalam menyelesaikan tanggung jawabnya. Pasalnya, pihak luar tidak ragu lagi untuk mempercayai orang tersebut sebagai delegasi dari sekolah. Dengan begitu, orang yang diberi mandat akan dipermudah urusannya dalam memenuhi mandat tersebut. Hal itu juga mencegah terjadinya perihal yang tidak diinginkan terhadap seseorang maupun kelompok yang memperoleh mandat.

Baca Dulu: Download Contoh Bingkai Undangan Tahlil Word alert-info

Aspek-aspek Wajib Surat Tugas dari Kepala Sekolah

Berdasarkan contoh surat tugas dari kepala sekolah sebelumnya, ada tiga aspek yang semestinya tercantum pada berkas surat penugasan. Tiga aspek tersebut, antara lain: kepala surat, tubuh, serta diakhiri penutup. Aspek kepala surat memuat identitas instansi yang menulis surat, logo, judul surat, dan nomor. 

Aspek tubuh memuat paragraf pembuka diikuti penjelasan dengan menyebutkan mandat yang diterima seseorang ataupun kelompok yang dipilih. Sedangkan penutup memuat tempat serta waktu ditulisnya surat, identitas, jabatan, ditandatangani pemimpin sekolah, disertai NIP-nya. Penandatanganan juga wajib disertai stempel agar suratnya legal. Surat pelimpahan tugas yang ditulis juga dapat dicantumkan tembusan di pojok terbawah.

Baca Juga:

  1. Contoh Surat Pengantar dari Kepala Sekolah
  2. Contoh Surat Keputusan Pengurus Koperasi PRIMKOVERI
  3. Contoh Surat Penonaktifan BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan
  4. Contoh Surat Izin Atau Keterangan Orang Tua Untuk Bekerja Di Alfamart

Begitulah contoh surat tugas dari kepala sekolah, kegunaan, beserta aspek wajib yang terdapat di surat tugas yang sebagaimana mestinya. Tidak hanya di lembaga pendidikan, surat tugas kerap pula dipakai pada lingkup perusahaan ataupun organisasi.

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post