Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer


Contoh Minat Bakat & Hobi Siswa

CVSurat.my.id - Contoh minat, bakat dan hobi perlu diketahui para orang tua, terlebih untuk buah hati tercintanya. Contoh minat dan bakat sangat beragam dan setiap anak tentu memiliki kesukaannya masing-masing, sehingga para orang tua perlu mendukung aktivitas yang disukai anak karena nantinya dapat berpengaruh pada tumbuh kembangnya.

Contoh Minat Bakat dan Hobi

Kata minat, bakat, dan hobi sendiri kerap ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Dalam setiap diri manusia memiliki minat serta bakatnya masing-masing, namun mungkin masih banyak yang belum menyadarinya terlebih anak. Sebelum membahas contoh, terlebih dahulu ketahui apa itu minat, bakat, dan hobi beserta perbedaannya. Simak dalam ulasan di bawah ini. 

Baca Juga : Contoh CV OSIS

Pengertian Minat, Hobi, Bakat & Contoh

Minat bisa diartikan sebagai kecenderungan terhadap sesuatu secara khusus, sehingga ketika anak menaruh perhatian khusus terhadap suatu hal maka dapat disebut sebagai minat. Tanda-tanda dari minat adalah rasa ingin tahu untuk menelusuri hal yang menjadi perhatian lebih lanjut. 

Sementara karakteristik dari minat yang bisa diketahui diantaranya mengandung harapan, serta ditandai dengan adanya sesuatu yang menyenangkan dari objek tersebut. Minat nantinya akan menjurus kepada keinginan untuk melakukan sesuatu, contohnya minat terhadap seni.

Hobi adalah kegiatan yang dilakukan anak sebagai bentuk relaksasi atau refreshing dan dilakukan dengan tujuan untuk menghibur diri. Umumnya hobi dikerjakan secara berulang dengan waktu yang konstan. Contoh dari hobi adalah hobi menari, memancing, menyanyi, dan lain sebagainya.

Sementara bakat adalah potensi yang dimiliki setiap orang sejak lahir, karena termasuk anugerah yang diberikan oleh Tuhan. Bakat juga dapat menjadi bekal untuk menjalani kehidupan apabila dikembangkan dan diasah dengan baik. 

Artikel Lainnya :

Contoh Bakat dan Minat Siswa

Contoh Bakat dan Minat Siswa

Setelah memahami pengertian serta perbedaan dari minat, bakat, dan hobi di atas, selanjutnya ketahui apa saja contoh minat dan bakat untuk siswa agar lebih memudahkan orang tua dalam mengenali potensi yang ada pada diri buah hati.

1. Bakat Umum

Contoh bakat siswa yang pertama adalah bakat umum, dimana merupakan kemampuan yang umumnya dimiliki oleh seseorang contohnya kemampuan berpikir, berjalan, menulis, berbicara, dan lain sebagainya.

2. Bakat Khusus

Selain itu ada pula bakat khusus, dimana merupakan kemampuan yang secara khusus dimiliki oleh seseorang dan tidak semua orang memilikinya. Contohnya adalah sebagai berikut :

  • Bakat verbal seperti berpidato dan bercerita.
  • Bakat skolastik, berkaitan dengan penalaran.
  • Bakat numerikal, berkaitan dengan angka.
  • Bakat mekanik, berkaitan dengan prinsip umum IPA khususnya fisika.
  • Bakat abstrak, berkaitan dengan angka, kata, pola, dan rancangan.
  • dan lain-lain.

3. Minat Avokasional

Minat avokasional merupakan minat yang dilakukan guna memperoleh kepuasan, dan dilakukan berdasarkan kesukaan atau hobi. Contohnya minat seni, berpetualang, kuliner, dunia hiburan, dan masih banyak lagi.

4. Minat Vokasional

Minat vokasional merupakan minat yang ada pada bidang pekerjaan tertentu contohnya minat akuntansi, minat keilmuan, minat atletik, minat mekanik, dan masih banyak lagi.

Contoh Minat dan Bakat Mahasiswa

Seperti dijelaskan sebelumnya, bakat merupakan bawaan dari lahir dan menjadi sebuah potensi yang belum terlihat. Sementara minat adalah kesukaan anak terhadap suatu kegiatan berdasarkan pengalaman. Berikut ini contoh minat dan bakat yang bisa dikembangkan mahasiswa, diantaranya :

  • Wirausaha, mahasiswa bisa menciptakan bisnis baru.
  • Seni, terdapat banyak jenis seni mulai dari seni lukis, seni musik, seni patung, seni grafis, hingga seni keramik.
  • IT, dengan beragam bidang yang cocok untuk mahasiswa seperti grafis, teknis komputer, software development, dan lain sebagainya.
  • Public Speaking untuk mengisi sambutan, presentasi, ceramah, mengajar, MC, dan lain sebagainya.
Ketahui :

  • Contoh Daftar Riwayat Hidup Untuk Anak SD
  • Cara Membuat CV Lamaran Kerja PT Chingluh Indonesia Pasar Kemis
  • Cara Mengisi Daftar Riwayat Hidup Beli di Fotocopy
  • Itulah contoh minat, bakat, dan hobi anak yang wajib diketahui orang tua.

    Dona
    Dona Fresh graduate dari Semarang, mengisi kesibukan sebagai bklogger dan freelancer. Penyuka pegunungan dan hujan.

    Posting Komentar untuk " Contoh Minat Bakat & Hobi Siswa"