Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer


Contoh Pengalaman Organisasi OSIS SMA / SMP di CV

Mempunyai pengalaman organisasi seperti OSIS, bisa menjadi salah satu riwayat yang bisa ditambahkan ke CV. Bahkan, kini juga sudah banyak contoh CV OSIS yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk membuat CV kerja.

Contoh CV OSIS

Meskipun mungkin tidak mempunyai pengaruh besar di CV, setidaknya riwayat OSIS menunjukkan bahwa Anda sudah punya pengalaman dalam berorganisasi. Seperti diketahui, dalam melamar kerja, kemampuan organisasi juga diperlukan.

Baca Juga : Contoh CV Fresh Graduate SMK

Cara Penulisan Pengalaman Organisasi di Curriculum Vitae 

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa diperlukan juga memasukkan pengalaman organisasi OSIS di CV. Nah, bagi Anda yang belum mengetahuinya, berikut ini adalah beberapa tips penting saat akan memasukkan riwayat organisasi ke dalam CV.

1. Menuliskan Nama Organisasi

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah pastikan bahwa Anda mencantumkan nama organisasi di CV dengan lengkap. Utamakan juga memberikan tambahan riwayat dari organisasi yang resmi seperti OSIS, BEM, dan lain sebagainya.

2. Cantumkan Jabatan

Berikutnya, jangan lupa juga untuk memberikan penjabaran tentang posisi atau jabatan Anda pada organisasi tersebut. Tuliskan apakah Anda mengemban tugas sebagai ketua, sekretaris, bendahara, ataupun posisi lainnya.

3. Berikan Masa Jabatan

Pada saat mencantumkan riwayat organisasi seperti OSIS dan lain sebagainya, jangan lupa untuk memasukkan juga waktu masa jabatannya. Periode jabatan bisa dituliskan dalam ukuran waktu dan juga bulan saja. 

Selain itu, bisa juga dituliskan pengalaman organisasi Anda mulai dari yang paling lama ke paling baru. Penulisan bisa dilakukan menggunakan format CV dengan kronologi terbalik.

4. Berikan Deskripsi Pengalaman

Tambahkan juga tentang deskripsi apa saja yang dilakukan pada saat Anda mengikuti kegiatan organisasi. Berikan penjelasan tentang tugas serta tanggung jawab yang Anda emban pada saat aktif dalam OSIS ataupun organisasi lainnya.

Sebagai saran, pastikan deskripsi yang dijelaskan ada kaitannya dengan posisi pekerjaan yang Anda lamar. Selain itu, penulisan pengalaman ini juga usahakan disampaikan secara jelas dan tidak terlalu panjang.

5. Tambahkan Lambang Organisasi

Untuk nomor 5 ini sebenarnya tidak harus dilakukan. Pasalnya, tidak semua organisasi sekolah mempunyai lambang OSIS yang jelas sehingga akan kesulitan bagi Anda untuk memasukkannya ke CV.

Baca Juga :

Keuntungan Mencantumkan Organisasi di CV

Memberikan penjelasan tentang kegiatan organisasi seperti OSIS pada CV tentunya bisa menjadi bahan pertimbangan dari pihak perusahaan. Oleh karena itu, Anda bisa menambahkan CV OSIS SMP, SMA, ataupun saat jadi BEM Universitas.

Nah, bagi Anda yang masih belum tahu keuntungan apa saja yang bisa didapatkan dengan memasukkan pengalaman OSIS di CV, langsung saja simak informasi berikut ini.

  • Dapat mengasah kemampuan dalam menjalin relasi dan kerja sama dalam sebuah kelompok
  • Menjadi bukti bahwa pelamar mempunyai pengalaman dalam mengemban sebuah tugas dan tanggung jawab
  • Menunjukkan bahwa pelamar punya dasar keterampilan atau hard skill dalam bidang tertentu.

Sebagai contohnya, Anda dulu merupakan ketua OSIS pada saat SMA dan membentuk panitia pentas seni musik di sekolah. Dengan memberikan tambahan pengalaman tersebut, perusahaan akan mempertimbangkan bahwa Anda punya leadership skill yang baik. Berikut berbagai contoh pengalaman berorganisasi pada CV :

Contoh CV OSIS


Contoh CV Organisasi



Pengalaman Organisasi di Curriculum Vitae


Pengalaman Berorganisasi pada CV



Seperti diketahui, dari pihak perusahaan pasti tidak hanya menginginkan pegawai yang punya nilai bagus saja, tetapi juga punya skill organisasi dan leadership yang baik. Oleh karena itu, jika memang Anda pernah mengemban tugas OSIS, sebaiknya dicantumkan.

Ketahui :

Begitulah tadi langkah-langkah pembuatan CV yang memuat pengalaman organisasi. Manfaatkan pengalaman organisasi seperti OSIS ataupun BEM untuk menjadi nilai tambah Anda saat melamar pekerjaan kelak.

Dona
Dona Fresh graduate dari Semarang, mengisi kesibukan sebagai bklogger dan freelancer. Penyuka pegunungan dan hujan.

Posting Komentar untuk "Contoh Pengalaman Organisasi OSIS SMA / SMP di CV"