Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer


Contoh Surat Keterangan BPKB Masih di Leasing / di Bank & Cara Memintanya

Mau melakukan perpajakan STNK atau BPKB tetapi masih di leasing atau bank? Sebaiknya harus memperhatikan contoh surat keterangan BPKB masih di leasing dan bank terlebih dahulu. Sebab ternyata tidak semua orang mengetahuinya dengan baik. 

Contoh Surat Keterangan BPKB Masih di Leasing

Apabila Anda merupakan pemilik mobil atau motor, tentu membayar pajak merupakan hal yang wajib dilakukan setiap tahunnya. Adapun pajak kendaraan sendiri ada yang dibayar secara tahunan ataupun lima tahun sekali. Dengan begitu maka tidak perlu datang ke kantor samsat secara rutin bukan. 

Baca Juga : Contoh Surat Keterangan Usaha Untuk KUR BRI alert-info

Cara Meminta Surat Keterangan BPKB di Bank dan Leasing 

Seperti sudah disinggung sebelumnya, melakukan pembayaran pajak sendiri memang sangat penting bagi para pemilik kendaraan. Selain melakukan pembayaran tahunan, membawa dokumen BPKB asli juga menjadi syarat serta STNK hingga fotokopi KTP dan aslinya. 

Tetapi bagaimana jika dokumen ini masih di leasing atau di bank karena motor masih kredit atau dijadikan sebagai anggunan untuk memperoleh pinjaman? Disinilah pentingnya supaya Anda memperoleh surat keterangan BPKB di bank ataupun di leasing tersebut. 

Kendati masih kredit atau dijadikan sebagai jaminan, pemilik kendaraan memang tetap wajib membayar pajak kendaraan bermotor tersebut. Tetapi ternyata masih banyak orang belum mengetahui dengan baik bagaimana cara mendapatkan surat keterangan tersebut. 

Jangan khawatir karena kami sudah menyiapkan beberapa cara meminta surat keterangan BPKB di bank tersebut dibawah ini:

1. Siapkan Dokumen yang Diperlukan 

Sebelum memutuskan buat datang ke Lembaga leasing atau bank, maka sebaiknya Anda harus menyiapkan dokumen yang dibutuhkan terlebih dahulu beserta dengan salinannya. Adapun dokumen-dokumen tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Dokumen kendaraan 
  • Buku angsuran kredit sesuai dengan KTP 
  • Setuju membayar biaya admin pada bank atau leasing bersangkutan 

2. Datang ke Bank atau Lembaga Leasing 

Sesudah menyiapkan sejumlah dokumen diatas, Anda dapat langsung datang ke bank atau leasing dimana digunakan buat gadai kendaraan bersangkutan. Disinilah, tinggal berbicara pada customer service untuk meminta surat keterangan dokumen ini buat pembayaran pajak tersebut. 

3. Berikan Dokumen yang Diminta 

Sesudah itu, kamu dapat memberikan semua syarat yang diminta untuk mendapatkan surat keterangan tersebut kepada bagian admin. Pastikan persiapkan dokumennya dengan baik dan jangan sampai terdapat berkas ketinggalan didalamnya. 

Berapa Durasi Meminta Surat Keterangan BPKB tersebut 

Adapun cara minta surat keterangan BPKB di leasing sebenarnya memang tidak jauh berbeda dengan di bank. Disinilah Anda juga perlu untuk mengetahui durasi dari meminta berkas tersebut. Jangan khawatir karena durasinya biasanya hanya sebentar bahkan tidak sampai sejam. 

Sesudah berhasil memperoleh dokumen itulah maka dapat segera mendatangi kantor samsat, sesudah itu melakukan cek validasi kepada pihak yang bersangkutan. Sesudah itu, proses pembayarannya bisa dilakukan dengan normal. 

Baca Juga :

Contoh Surat Keterangan BPKB Masih di Leasing 

Untuk meminta berkas satu ini memang tidak sulit buat dilakukan tetapi sebagai konsumen pastinya juga penasaran bukan bagaimana isi dari surat keterangan tersebut. Adapun isinya biasanya menyatakan keterangan bahwa bukti kepemilikan kendaraan pribadi bersangkutan tersebut masih berada di pihak leasing ataupun bank. 

Nantinya didalam dokumen tersebut biasanya terdapat pihak dari pemberi wewenang hingga penerimanya. Nah adapun untuk contoh surat keterangan tersebut juga dapat ditemukan dengan mudah di internet. 

Contoh Surat Keterangan BPKB Masih di Leasing

Surat Kuasa Pengambilan BPKB


Surat Kuasa Ambil BPKB


Surat Pinjam BPKB

Surat Kuasa Pengambilan BPKB


Didalam berkas inilah juga terdapat beberapa isi utama diantaranya adalah sebagai berikut 

1. Pihak Pemberi Surat Keterangan 

Isi dari dokumen satu ini biasanya juga terdapat pihak yang memberi surat keterangan. Entah itu pihak dari leasing ataupun bank bersangkutan. Biasanya juga akan disertai dengan jabatan hingga alamat dari leasing tersebut. 

2. Data Pemilik BPKB Asli 

Selain itu juga terdapat data pemilik BPKB aslinya tersebut. Adapun bagian ini biasanya akan berisi data seperti nomor kontrak, nama konsumen, BPKB atas nama siapa, nomor polisi, nomor rangka dan masih banyak lagi. 

3. Keterangan Status BPKB 

Terakhir adalah seputar keterangan status dari BPKB bersangkutan tersebut dimana masih dijadikan sebagai jaminan untuk mengambil kredit atau pinjaman di leasing atau bank bersangkutan. 

Ketahui :

Sebagai pemilik kendaraan, memang wajib untuk membayar pajak secara rutin setiap tahun atau 5 tahun sekali. Tetapi jika BPKB masih di leasing atau bank, sebaiknya ketahui contoh surat keterangan BPKB masih di leasing dan bank dahulu.

Dona
Dona Fresh graduate dari Semarang, mengisi kesibukan sebagai bklogger dan freelancer. Penyuka pegunungan dan hujan.

Posting Komentar untuk "Contoh Surat Keterangan BPKB Masih di Leasing / di Bank & Cara Memintanya"