Contoh Akta Pendirian Perusahaan CV


Pemilik bisnis perlu mengurus akta pendirian usaha karena berkaitan dengan legalitas perusahaan yang dimiliki. Anda bisa mencari terlebih dahulu contoh akta pendirian usaha sesuai dengan model bisnis yang dimiliki. Berikut ini gambaran contoh beberapa jenis akta pendirian usaha serta prosedur mendapatkannya.

Contoh Akta Pendirian Perusahaan

Baca Dulu : Masa Berlaku Akta Pendirian Perusahaan alert-info

Contoh Akta Pendirian Perusahaan CV

Akta pendirian CV merupakan sebuah dokumen penting yang menunjukkan bahwa perusahaan persekutuan komanditer dinyatakan sah berdiri. Dokumen tersebut berisi informasi mengenai profil usaha, tujuan, serta kegiatan utamanya.

Pada akta pendirian CV ini Anda juga akan mendapatkan informasi terkait jumlah modal serta AD/ART dari perusahaan tersebut. pihak CV juga harus mencantumkan bagaimana sistem kepengurusan usahanya agar bisa terbagi dengan jelas serta tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari.

Dokumen ini terdiri dari beberapa halaman di mana lembar pertama menunjukkan nama CV dan notaris. Berikutnya, terdapat keterangan waktu terkait pihak yang terlibat dalam pembuatan akta notaris. Lalu, diikuti dengan segala informasi yang harus dicantumkan di akta pendirian CV secara terperinci.

Contoh Akta Pendirian Perusahaan Perseorangan

Contoh nomor akta pendirian perusahaan bisa diperoleh setelah melakukan pendaftaran secara resmi. Pada akta pendirian perusahaan perseorangan ini juga tertera siapa notaris yang turut mendampingi pembuatan dokumen tersebut.

Contoh Akta Pendirian 

Akta Pendirian 
Usaha Dagang _____________

Pada Hari ini, Jum'at tanggal 3 Juni 2022, Pukul 10.00 WIB, sampai dengan selesai............

Telah menghadap pada saya, atas nama........., Sarjana Hukum, yang merupakan notaris di....... sekaligus saksi-saksi yang saya sebagai pihak notaris kenali serta akan dicantumkan penyebutannya dalam akta ini:

Saudara............................(menyebutkan identitas saksi secara lengkap, termasuk nama, tanggal lahir, alamat hingga NIK nya)................................

Penghadap menyatakan bahwasanya usaha ini telah mendapatkan persetujuan dari istri sah yang dibuktikan dengan surat nikah bernomor .............................., yakni atas nama .....................................(menyebutkan identitas istri secara lengkap dari nama, tanggal lahir, alamat, dan NIK nya).............................

Penghadap menyatakan bahwa dengan ini bermaksud mendirikan Usaha Dagang dengan nama UD............................. yang akan menerapkan syarat-syarat serta ketentuan sebagaimana berikut.

NAMA DAN TEMPAT KEDUDUKAN
Pasal 1

1. Usaha ini akan didirikan dengan nama usaha dagang ......................
2. Usaha dagang ini akan berkedudukan di lokasi .....................

                                                MAKSUD DAN TUJUAN
                                                                     Pasal 2

Maksud serta tujuan didirikannya usaha dagang ini adalah:
a. melaksanakan kegiatan usaha pada bidang perdagangan....................................
b. menjalankan kegiatan usaha distribusi produk dalam sistem ecera, grosir, partai., dll;
c. menjalankan berbagai hal yang seluas-luasnya pada bidang perdahgangan yang tidak melampaui batas persyaratan izin dari instansi yang berwenang. 

                                                        JANGKA WAKTU
                                                                    Pasal 3

Dimulainya perusahaan ini dihitung sejak akta ini ditandatangani, dan akan berjalan hingga jangka waktu yang tidak terbatas.
        
                                                            MODAL USAHA
                                                                     Pasal 4

Dalam usaha dagang ini, modal sepenuhnya disediakan oleh pihak penghadap. 

PEMIMPIN PERUSAHAAN
Pasal 5

Perusahaan ini akan dipimpin langsung oleh pihak penghadap yang akan disebut sebagai Dir

                                                                     PENUTUP 
Pasal 6

Hal-hal yang belum dinyatakan atau diterangkan dalam akta ini, akan ditambah maupun dikurangi berdasarkan akta perubahan yang pembuatannya akan dilakukan di kemudian hari.


Akta pendirian ini juga berisi informasi seputar orang yang mendirikan perusahaan perseorangan tersebut.  Contoh isi akta pendirian perusahaan perseorangan selanjutnya, yaitu terkait jenis kegiatan utama yang akan dijalankan bisnis tersebut secara terperinci.

Dokumen ini juga menjelaskan mengenai waktu berdirinya usaha dilengkapi dengan catatan modal yang digunakan. Akta pendirian perusahaan perseorangan juga berisi informasi keuangan dari bisnis tersebut, termasuk keuntungan yang telah diperoleh. 

Contoh Akta Pendirian Perusahaan PT

Contoh Akta Pendirian Perusahaan PT


Contoh akta pendirian PT media online sangat tepat untuk diketahui pemilik perseroan terbatas. Akta pendirian ini terdiri dari beberapa bagian di mana di lembar pertama paling atas terdapat informasi terkait nama perusahaan dan nomor akta pendirian.

Informasi berikutnya pada dokumen tersebut adalah perihal identitas notaris yang membantu untuk mengurus pembuatan akta pendirian PT. Lalu, terdapat beberapa pasal yang berguna untuk mengetahui informasi lengkap PT. Pasal pertama berisi mengenai nama dan tempat kedudukan.

Pasal kedua berisi mengenai jangka waktu berdirinya perseroan diikuti informasi mengenai tujuan kegiatan usaha. Lalu, akta pendirian PT ini juga akan memberikan informasi lengkap mengenai permodalan usaha, mulai dari jumlahnya, asal, serta saham perusahaan.

Pada akta pendirian PT juga terdapat informasi surat pengganti saham karena komponen tersebut berkaitan dengan kepemilikan usaha. Informasi terakhir yang bisa diperoleh dari akta pendirian PT adalah seputar rapat umum pemegang saham.


Prosedur Mendapatkan Akta Pendirian

Contoh akta pendirian perusahaan dagang juga penting diketahui oleh UMKM atau Anda yang mulai mengembangkan bisnis. Simak penjelasan berikut ini mengenai prosedur mendapatkan akta pendirian usaha yang perlu diketahui pebisnis pemula.

Mencantumkan Nama Pendiri Usaha

Hal pertama yang harus dilakukan, yaitu mencantumkan nama dari pendiri usaha, baik pemegang saham maupun pihak dengan kewajiban mengurus bisnis. Anda bisa memasukkan minimal dua nama orang pendiri usaha.

Berikutnya, langsung datangi notaris di wilayah berdirinya perusahaan dengan membawa dokumen secara lengkap. Dokumen tersebut meliputi NPWP perseorangan dan fotokopi KTP milik pendiri usaha yang namanya dicantumkan.

Melakukan Pertemuan dengan Notaris

Pemilik usaha harus melakukan pertemuan dengan notaris untuk mendiskusikan prosedur pembuatan contoh akta pendirian usaha. Hal pertama yang perlu didiskusikan adalah terkait siapa saja nama pemilik saham. Berikutnya, sebutkan juga siapa saja nama pengurus perusahaan.

Lalu, pemilik usaha perlu menginformasikan secara detail mengenai tujuan dari pendirian bisnisnya serta bidang yang tengah dijalankan. Terakhir, perusahaan harus melakukan tanda tangan agar akta pendirian tersebut bisa disahkan.

Pengesahan Akta

Proses pengesahan akta pendirian perusahaan ini memerlukan waktu beberapa hari, sehingga pihak perusahaan harus menunggu. Hasil dari proses pengesahan akta ini tergantung pada kelengkapan dokumen yang diberikan.

Ketahui :

Menunggu Surat Pengesahan

Hal terakhir yang diperlukan untuk menyelesaikan pengurusan contoh akta pendirian usaha, yaitu menunggu surat pengesahan dikeluarkan oleh Kemenkumham. Nantinya, hasil pengesahan akta ini bisa digunakan untuk melakukan pengurusan Surat izin perusahaan perdagangan dan TDP.

judul gambar
judul gambar

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post