Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer


Contoh Undangan Takziah Atau Kematian 3 Hari

Contoh Undangan - Tahlilan menjadi salah satu budaya masyarakat Indonesia yang masih cukup sering ditemukan di beberapa daerah. Biasanya acara ini dilaksanakan ketika ada orang meninggal. Pihak keluarga yang mengadakan tahlil akan mengundang warga atau tetangga sekitar untuk melakukan pengajian yang bertujuan mendoakan orang meninggal tersebut. 

contoh undangan takziah

Biasanya pemilik acara akan mengundang para warga dengan memberikan undangan takziah. Lalu bagaimana cara membuat undangan takziah? Tentunya ini bukan masalah yang sulit, bagi anda yang ingin mengetahui bisa langsung saja simak pembahasan kali ini yang juga akan memberikan contoh undangan takziah.

Mengenal Cara Tahlilan

Undangan tahlil
undangan kematian

Tahlilan merupakan kegiatan memang diadakan saat ada seorang muslim atau muslimah yang meninggal dunia, tapi sebenarnya memang budaya satu ini penuh dengan pro dan kontra, tapi sampai sekarang pun budaya ini masih berkembang di masyarakat luas. 

Baca Juga : Contoh Nama Undangan Pernikahan alert-info

Beberapa definisi dari tahlil sendiri ada beragam. Jika dilihat dari buku Pro Kontra Tahlilan dan Kenduri Kematian, karya Isnan Ansory, tahlil sendiri merupakan kata yang diambil dari bahasa Arab, yaitu hallala-yuhallilu-tahliilan. Nah, kata hallala tersebut memiliki arti membaca kalimat tauhid. 

Sedangkan untuk definisi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) definisi acara ini adalah kegiatan pembacaan ayat-ayat Al-Qur'an untuk memohon ampun dan rahmat bagi arwah orang yang sudah meninggal.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, jika acara ini biasanya dihadiri oleh warga sekitar tempat tinggal keluarga yang mengadakan tahlil. Untuk mengundang warga untuk menghadiri kegiatan tersebut, biasanya pihak keluarga mengundang dengan undangan. Lantas bagaimana contoh undangan takziah 3 hari atau surat kematian? Untuk mendapatkan jawabannya bisa langsung ke ulasan selanjutnya. 

Contoh Surat Takziah 

Untuk contohnya, anda bisa langsung saja melihat beberapa contoh berikut ini. 

 

contoh surat takziah

undangan takziah

 

Undangan Takziah Kematian

Undangan Tahlil

Baca Dulu :

Dari contoh undangan takziah di atas tentunya ada beberapa bagian-bagian dalam undangan tersebut. Nah, bagian-bagiannya akan dijelaskan pada uraian berikut. 

1. Nama tamu undangan 

Bagian paling atas adalah bagian nama tamu undangan. Nama tamu undangan bisa ditulis pada kotak kecil. Nama tamu undangan jelas harus ditulis dengan jelas dan tidak boleh sampai terlewat. Jika tidak ada nama tamu undangan maka tentunya undangan tidak akan pernah sampai ke tamu. 

2. Pembuka 

Selanjutnya ada pembuka. Dalam bagian ini akan berisi salam pembuka seperti assalamualaikum Wr.Wb, kemudian ada ucapan syukur atas kehadirat Allah SWT, dan ucapan terima kasih kepada Allah SWT atas segala rahmat-Nya. 

3. Isi 

Selanjutnya ada isi, setelah pembuka maka ada isi undangan. Isi ini akan menjelaskan tentang acara yang diselenggarakan, nama orang yang sudah meninggal, waktu acara, tempat diselenggarakannya acara, dan bisa kegiatan yang akan dilakukan. Semuanya harus dituliskan dengan jelas agar tamu yang diundang tak kebingungan.

3. Penutup 

Setalah isi ada bagian penutup. Pada bagian ini berisi ucapan terima kasih untuk perhatian pembaca undangan tersebut, kemudian berisi salam penutup, dan berisikan nama keluarga yang mengadakan kegiatan tahlilan. 

Itulah beberapa bagian-bagian yang ada dalam undangan takziah atau acara tahlil. Jika menggunakan undangan seperti di atas, maka anda bisa mencetak undangan di tempat percetakan. Tinggal berikan informasi dengan jelas terkait acara tahlilan, nantinya pihak percetakan akan membuat undangan takziah yang sesuai contoh di atas. 

Ketahui :

Tapi tak jarang juga ada yang masih mengundang untuk acara tahlil dari mulut ke mulut, atau tak membutuhkan undangan dalam bentuk fisik. Nah, ada juga yang mengundang lewat pesan singkat melalui WhatsApp atau SMS. Tinggal anda saja mau menggunakan cara yang mana, jika ingin terkesan lebih resmi mungkin pemberian surat dalam bentuk fisik seperti contoh di atas akan lebih pas.


Dona
Dona Fresh graduate dari Semarang, mengisi kesibukan sebagai bklogger dan freelancer. Penyuka pegunungan dan hujan.

Posting Komentar untuk "Contoh Undangan Takziah Atau Kematian 3 Hari"