Contoh Nota Pembayaran Catering Makanan Untuk Word & Excel


Apa Anda sedang mencari contoh nota catering makanan? Mungkin Anda sedang memulai usaha catering makanan. Jika Anda ingin mencetak sendiri nota catering makanan tersebut, kami berikan contoh nota untuk usaha catering Anda.

contoh nota catering makanan

Contoh tersebut tinggal Anda buat di Word atau Excel kemudian bisa diprint langsung. Untuk membuat nota usaha catering baik di Word ataupun Excel tidaklah susah. Anda tinggal membuat kolom tabel Excel dengan fitur Table atau pada Word dengan fitur Table.

Dengan fitur tersebut, Anda bisa membuat kolom nota dan baris sesuai keinginan dan kebutuhan.

Contoh nota catering makanan

Kebanyakan nota dapat dipesan di percetakan. Hal perlu dipersiapkan adalah nama toko, alamat, logo usaha catering dan pastinya no hp atau telpon yang bisa dihubungi.

contoh nota catering makanan word

Usaha catering di saat pandemi memang turun dan banyak yang berhenti. Hal ini karena tidak diijinkannya berbagai rapat dan pertemuan sehingga usaha catering pun terkena imbasnya.

Baca Dulu: Contoh Kwitansi Jual Beli Mobil alert-info

Contoh nota catering makanan sendiri ada banyak yang bisa ditemukan di internet. Kebanyakan berformat jpeg ya, sehingga sangat sulit untuk Anda edit, atau tidak bisa Anda edit dengan Word maupun Excel.

contoh nota catering word

Namun contoh nota kosong tersebut terbilang simple, sehingga tidak butuh lama untuk Anda buat. karena hanya butuh data alamat dan toko usaha catering dan membuat kolom pada nota.

Nah bagi Anda yang ingin melihat contoh nota catering yang mau dibikin di Excel atau pun Word bisa melihat contoh yang sudah kami berikan.

nota catering excel

Baca Dulu: Perbedaan Nota, Faktur dan Kwitansi alert-info

Contoh nota pembayaran catering atau penjualan ini bisa Anda print sendiri baik dengan Microsoft Word maupun Excel.

Contoh nota kosong ini cukup simple dan pastinya lebih mudah untuk dibuat dan dicetak. Untuk mencetaknya perlu menentukan ukuran kertas dan ukuran nota itu sendiri.

contoh nota catering makanan

Anda bisa menggunakan kertas HVS yang bisa dibagi menjadi 4 format nota kosong. Atau Bisa juga dibuat 3 menjadi nota yang lebih besar dengan format landscape. Tentunya ini semua sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Dulu: Contoh Template Invoice Rental Mobil alert-info

Penjelasan nota catering makanan & nota penjualan

Nota catering makanan merupakan nota penjualan. Artinya nota ini dimiliki oleh penjual dalam hal ini pemilik catering dan diberikan kepada pelanggan atau pemesanan makanan. Terkait dengan nota penjualan, simak paparan berikut.

Nota penjualan, meskipun ukurannya kecil, merupakan bagian penting dari transaksi jual beli. Nota adalah catatan pendapatan awal bagi penjual yang berguna saat menyusun laporan keuangan selanjutnya. Bagi pembeli, nota penjualan berfungsi sebagai bukti transaksi. Akui saja: sebagai tim yang senang mengumpulkan struk pembelian, bukankah Anda lebih sadar bahwa itu hanya buang-buang duit?

Ketahui: Contoh Nota Service AC alert-info

Nota penjualan adalah dokumen tertulis yang berfungsi sebagai nota resmi dalam transaksi komersial. 

Nota penjualan digunakan oleh semua lini bisnis, termasuk bisnis skala besar, menengah, dan kecil. 

Nota penjualan, karena sifatnya yang esensial, harus dimiliki oleh semua jenis usaha, termasuk supermarket, toko bahan, toko kelontong, kedai kopi, dan kios kredit.

Baca Dulu: Download Contoh Surat keterangan Jaminan BPKB di Bank alert-info

Selain berfungsi sebagai bukti sah suatu transaksi, berikut beberapa fungsi nota penjualan yang perlu diperhatikan:

Bukti pennota penjualan berdasarkan jenis barang atau jasa yang dijual. Hal ini dapat mempermudah pengecekan dan penghitungan sisa persediaan stok penjualan.

Laporan keuangan untuk periode waktu tertentu terlampir.

Bagi pemilik bisnis, jenis kepercayaan konsumen terhadap barang atau jasa yang dibeli.

Pembeli dapat menggunakan bukti ini untuk menukar barang belanjaan yang tidak sesuai.

Baca Juga: Contoh Label Obat Batuk Bahasa Inggris alert-info

Fungsi-fungsi ini menyiratkan bahwa nota penjualan harus dimiliki oleh penjual dan pembeli. Bukan hanya fungsinya yang banyak, tapi nota penjualannya juga banyak macamnya lho. Anda dapat mempelajarinya lebih lanjut dengan membaca pembahasan di bawah ini.

Macam - Macam Nota Penjualan

Mungkin tidak ada perbedaan antara catatan jika kita melihatnya berdampingan.

Kami mungkin hanya melihat variasi dalam logo atau nama toko yang diberikan dalam surat tersebut.

Namun, ada banyak jenis catatan. Uang tunai, debit, dan catatan kredit adalah contoh dari catatan.

Berikut ini adalah penjelasan dari berbagai macam catatan:

1. Laporan Kontan

Uang kontan adalah catatan yang diterbitkan untuk tujuan melakukan pembelian tunai. Karena sebagian besar toko menggunakan nota ini, karena juga mudah ditemukan.

Nota penjualan makanan ini biasanya dibuat dalam dua rangkap, satu untuk vendor atau pemilik bisnis dan satu untuk pembeli.

Hal ini juga dimaksudkan agar kita sebagai pembeli mendapatkan salinan catatan tentang barang yang dibeli dan bisa komplain jika terjadi kesalahan.

2. Nota kredit

Nota kredit adalah catatan yang diterbitkan sehubungan dengan penerimaan barang yang dijual secara kredit kepada orang yang bersangkutan.

Item tersebut adalah salah satu yang tidak sesuai dengan pesanan dan dengan demikian dikembalikan.

Tentu saja, penjual atau pemilik toko akan menyesuaikan kembali barang tersebut, tetapi ini juga sesuai dengan kesepakatan atau persyaratan penjual atau pemilik toko.

3. Nota Debet

Nota debet adalah nota yang diterbitkan atas transaksi pengembalian barang yang diperoleh secara kredit.

Alternatif lain, terjadinya penurunan harga invoice karena kualitas barang yang menurun atau rusak.

Nantinya, penjual atau pemilik toko akan menunggu respon dari produsen produk sebelum melanjutkan. Ketika dia menerima tanggapan, dia dapat mencatatnya di penyimpanan dokumen toko.

Contoh Nota Makanan dan Minuman

Contoh nota makanan dan minuman  dibawah ini terdiri dari contoh nota kosong dan nota yang terisi menu makanan atau minuman yang sudah dibeli.

Contoh Nota Makanan dan Minuman
Contoh Nota Makanan dan Minuman


Contoh Nota Makanan

Contoh Nota Makanan dan Minuman

Contoh Nota Makanan dan Minuman
Contoh Nota Makanan dan Minuman Kosong

Contoh Nota Makanan

Contoh Nota Makanan

Contoh Nota Makanan


Contoh Nota Makanan dan Minuman


Contoh Nota Makanan dan Minuman

Demikian contoh nota pembayaran dari catering makanan dan warung makan serta nota pembelian di warung makan baik yang kosong atau yang sudah ada daftar menu pembelian, semoga bermanfaat.

judul gambar
judul gambar

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post