Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer


Download Contoh Surat Keterangan Kehilangan Buku Nikah Doc [Word]

Contoh surat keterangan kehilangan buku nikah - Kepemilikan buku nikah sudah pasti sangat penting bagi setiap pasangan suami istri. Tapi bagaimana jika tiba-tiba buku nikah sebagai bukti sah atas legalnya pernikahan tersebut hilang? 

Contoh surat keterangan kehilangan buku nikah

Bisa jadi anda dan pasangan akan merasa panik dan khawatir atas hilangnya dokumen penting tersebut. Meskipun demikian, sudah tahukah Anda jika ternyata buku nikah yang hilang bisa di diurus untuk dibuatkan gantinya? Yuk simak ulasan CVsurat.my.id kali ini!

Contoh surat keterangan kehilangan buku nikah

Dibawah ini adalah contoh surat keterangan kehilangan buku nikah. Jadi disini merupakan contoh surat keterangan yang formatnya asli dari Kemenag RI (disini contohnya dari Kemenag).

Contoh surat keterangan kehilangan buku nikah

KEMENTERIAN AGAMA

KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN ............

Jl. ..........., ..............

(KABUPATEN/KOTA)

==================================================================


SURAT KETERANGAN


Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan ............ Kabupaten .............., menerangkan dengan sesungguhnya bahwa:


Nama Suami : .....................

Nama Istri : .....................


Benar — benar telah menikah di KUA Kecamatan .............. Kabupaten ............. pada:


Tanggal/Bulan/Tahun : ....................................

Nomor Akta Nikah         : ....................................

Untuk Keperluan         : ....................................


Keterangan ini dibuat untuk pengurusan surat kehilangan dari kantor Polisi (Polsek/Polres)


Demikian untuk menjadikan maklum


                    ............................, ....20..


a.n Kepala

                Penghulu

                (.............................)

                 NIP.



DOWNLOAD/download/button


Contoh surat keterangan kehilangan buku nikah


HAL: PERMOHONAN DUPLIKAT NIKAH


Kepada :

Yth. Kepala KUA Kec. Blimbing Sari

Kota Magelang

Magelang


Yang bertandatangan dibawah ini saya :

Nama : Suparmi

Tempat/Tgl?lahir         : 2 Juni 1981

Jenis Kelamin : Perempuan

Pekerjaan : Karyawan Bank

Agama : Islam

Tempat Tinggal : Jl. Randu Sawit, Kebon Nongko Magelang


Dengan ini menyatakan yang sesungguhnya bahwa, Surat Nikah milik Saya dan .............. An ............. dan ............ yang menikah tgl. ............ dengan Akta Nikah Nomor: ................. yang rusak / hilang ( keterangan Polsek terlampir ), untuk itu kami mohon kepada Bapak Kepala KUA Kec.Blimbing Sari Magelang sekiranya berkenan untuk menerbitkan duplikat yang dimaksud.( Surat Polsek terlampir )

Surat permohonan ini saya buat dengan sebenar-benarnya dengan kesadaran sendiri tanpa ada paksaan / tekanan dari pihak manapun dan Duplikat Kutipan Akta Nikah ini dipergunakan Untuk .............. 

Demikian permohonan saya kepada Bapak, apabila di kemudian hari permohonan saya tidak benar dan bila suatu saat tersangkut permasalahan hukum maka menjadi tanggung jawab saya sepenuhnya dan tidak melibatkan instansi terkait (yang membuat surat-surat pengantar sebagai persyaratan dalam / dan pembuatan Duplikat Akta Nikah ) serta saya bersedia untuk mempertanggung jawabkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


                                                Magelang, ................., .........2022

                                               Pemohon 

                                        Materai

Suparmi


DOWNLOAD/download/button


Selanjutnya, melalui artikel ini akan dijelaskan mengenai apa saja yang perlu kamu siapkan dan bagaimana langkah-langkah untuk mengurus buku nikah yang hilang. 

Baca Dulu: Contoh Surat Keterangan Kelas 12 Untuk Sbmptn alert-info

Langkah-langkah Mengurus Buku Nikah yang Hilang

Baca informasi dibawah ini dengan detail ya agar kamu bisa mengerti tahapan-tahapan untuk mengurus surat kehilangan buku nikah.

1. Membuat Surat Keterangan Kehilangan

Langkah paling awal yang perlu  dilakukan ketika Anda kehilangan buku nikah adalah membuat surat keterangan kehilangan. Anda bisa membuat surat ini di kantor kepolisian terdekat.

Biasanya di beberapa daerah tertentu untuk meminta surat keterangan kehilangan dari kantor kepolisian dibutuhkan surat pengantar dari desa. Namun, terkadang surat kehilangan juga bisa langsung dibuat di kantor kepolisian tanpa harus membawa surat pengantar dari desa. 

Untuk memastikan apakah Anda membutuhkan surat pengantar dari desa atau tidak Anda bisa memastikannya kepada perangkat desa tempat Anda tinggal. Beberapa persyaratan yang perlu disiapkan untuk mengurus surat kehilangan di kantor kepolisian antara lain: KTP, surat pengantar dari desa (opsional), dan pas photo. 

Jika penasaran tampilan contoh surat keterangan kehilangan dari kepolisian Anda bisa mencarinya di berbagai situs di internet. Selain contoh surat keterangan kehilangan Anda juga bisa melihat berbagai contoh surat lainnya seperti contoh surat keterangan kehilangan buku nikah, contoh surat keterangan kehilangan ijazah, contoh surat keterangan kehilangan dokumen, contoh surat keterangan kehilangan raport. 

2. Mengajukan permohonan pembuatan duplikat buku nikah di KUA terdekat

Setelah mendapatkan surat keterangan kehilangan dari kantor kepolisian akhirnya Anda bisa mengajukan permohonan duplikat buku nikah di kantor KUA terdekat. Yang perlu diperhatikan adalah kamu wajib mengurus pengajuan duplikat buku nikah di KUA sesuai tempat tinggal. 

Hal ini bertujuan agar pihak KUA mudah dalam mengakses data catatan pernikahan anda dan pasangan. 

Baca Juga: Download Format Surat Keterangan Sakit alert-info

3. Melengkapi persyaratan dokumen yang sudah ditentukan

Langkah terakhir dalam mengurus buku nikah yang hilang yaitu dengan melengkapi semua dokumen yang diminta oleh pihak terkait. Pada umumnya beberapa dokumen yang diminta oleh pihak KUA sebagai persyaratan pembuatan buku nikah baru antara lain: surat keterangan kehilangan dari kantor kepolisian, lalu surat keterangan yang menyatakan bahwa anda dan pasangan adalah pasangan suami istri. 

Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan pas foto, serta surat pernyataan bermaterai yang menyatakan bahwa pernikahan anda dan pasangan telah tercatat di desa atau kantor kecamatan. 

Persyaratan dokumen yang harus disiapkan antar wilayah biasanya berbeda-beda, oleh karena itu Anda bisa mendatangi kantor KUA terdekat untuk mengetahui terkait persyaratan penerbitan buku nikah baru sesuai wilayah anda. 

Download Surat Keterangan Sehat Dokter alert-info

Biaya Pembuatan Buku Nikah Baru

Di antara Anda pasti ada bertanya-tanya kan apakah mengurus kehilangan buku nikah itu perlu biaya? Jika iya, berapa biaya yang dibutuhkan?  Kabar bahagianya adalah pergantian buku nikah baru tidak dipungut biaya loh.

Hal ini sengaja dilakukan oleh pihak kementerian agama agar setiap pasangan suami istri mendapatkan kemudahan dalam setiap prosesnya pengurusan buku nikah baru. Maka dari itu jangan tergiur untuk menggunakan calo dalam proses pengurusan buku nikah yang hilang.

Pastinya tidak mau kan harus mengeluarkan biaya untuk sesuatu yang harusnya bisa didapatkan secara gratis. 

Lihat: Contoh Surat Keterangan Nikah Siri alert-info

Bisakah Memalsukan Surat Keterangan Kehilangan?

Meskipun proses dan cara pengurusan buku nikah yang hilang terlihat mudah, jangan coba-coba untuk memanfaatkannya untuk berbuat kejahatan. Karena hal tersebut akan percuma. Meskipun Anda membuat contoh surat keterangan kehilangan sendiri dengan bermodalkan teknologi yang ada pihak KUA bisa melacaknya dengan mudah. 

Terlebih lagi di zaman sekarang banyak sekali orang-orang yang nekat untuk download contoh surat keterangan kehilangan yang kemudian dipalsukan untuk mengurus administrasi pembuatan buku nikah baru. Jangan lakukan hal ini karena tidak akan berhasil. 

Setiap pergantian buku nikah baru baik karena hilang ataupun rusak memerlukan verifikasi apakah data catatan pernikahan Anda dan pasangan benar-bebar ada di arsip. Apabila ternyata datanya tidak ada sudah pasti permohonan untuk pembuatan buku nikah baru akan ditolak oleh pihak KUA. 

Oleh sebab itu jangan sesekali melakukan tindakan kejahatan seperti ini apapun motif dan alasannya! Bisa-bisa Anda mendapatkan masalah dan harus berurusan dengan kepolisian. 

Download: Contoh Surat Keterangan Kesalahan Penulisan Ijazah alert-info

Contoh duplikat buku nikah

Tidak dipungut biaya atau gratis bagi Anda yang ingin mengurus duplikat buku nikah karena buku nikah yang asli hilang atau rusak.

Semua layanan kantor yang terkait dengan masalah kependudukan harus gratis.

Semua praktik yang mengikuti aturan terkait, khususnya kasus yang viral kemarin, yakni pengutan biaya duplikat buku nikah adalah suatu pelanggaran. 

Contoh duplikat buku nikah
Contoh duplikat buku nikah

Adanya pelanggaran tersebut akan ada penindakan dari instansi terkait.

KUA dapat membantu mengganti buku nikah yang hilang dengan dengan persyaratan dokumen polisi berupa akta yang hilang dan KTP dari pasangan.

Siapkan juga foto untuk ditempatkan di buku nikah pengganti. Selain gratis, penggantian buku nikah tidak memakan waktu lama, hanya sekitar 60 menit saja alias 1 jam.

Karena duplikat buku nikah berfungsi sebagai pengganti buku nikah yang asli, maka tidak boleh ada lagi buku nikah pengganti.

Versi duplikat dari buku nikah sama dengan buku nikah asli dan tidak hanya selembar kertas saja tapi seperti buku nikah aslinya. Satu-satunya perbedaan adalah adanya tulisan di sampl depan "Duplikat".

Baca Juga:

Itulah tadi penjelasan mengenai langkah-langkah sekaligus persyaratan dokumen yang perlu Anda siapkan ketika ingin mengurus pembuatan buku nikah baru. Semoga penjelasan pada artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda ya.

Tya Hanifah
Tya Hanifah Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu.

Posting Komentar untuk "Download Contoh Surat Keterangan Kehilangan Buku Nikah Doc [Word]"