Download Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Tanah Dengan Pembayaran Bertahap [format doc & pdf]


Bagi Anda yang  akan melakukan transaksi jual beli tanah terutama pembayaran secara bertahap, maka perlu mengerti tentang surat perjanjian jual beli tanah. Untuk itu Anda perlu mengetahui format  contoh surat perjanjian jual beli tanah dengan pembayaran bertahap ini. Dengan Format surat ini, tentunya Anda tidak akan bingung-bingung lagi untuk membuat surat perjanjian.

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Tanah Dengan Pembayaran Bertahap
Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Tanah Dengan Pembayaran Bertahap

Ada kalanya, pembelian suatu barang atau berupa tanah tidak dilakukan sekaligus. Misal dilakukan melalui cicilan atau pembayaran secara bertahap.

Untuk pembayaran yang diakukan secara bertahap bisa dengan memakai surat perjanjian secara tertulis sehingga ada dasar hukumnya. Jika nanti terjadi sesuatu maka ada bukti yang kuat yakni dengan surat perjanjian tersebut. 

Baca: Contoh Surat Perjanjian Damai Kecelakaan alert-info

Contoh surat perjanjian jual beli tanah dengan pembayaran bertahap

Sebelum kami memberikan link download format surat perjanjian jual beli tanah yang dibayar dengan cicilan, kita lihat dulu surat perjanjian jual beli tanah secara sederhana dibawah ini.

 SURAT PERJANJIAN


Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama             : Amir

Umur             : 46 Tahun

Pekerjaan       : PNS

Alamat           : Jl. Raya no 34. Klebengan Sidoarjo

No KTP         : 6678893428765


bertindak atas nama pribadi yang selanjutnya bertindak sebagai Pihak Pertama.


Nama             : Andi 

Umur             : 55 Tahun

Pekerjaan       : petani

Alamat           : Jl. Raya 34 baureno Sidoarjo

No KTP         : 456239543214


bertindak atas nama diri pribadi yang selanjutnya akan disebut sebagai Pihak Kedua.

Pada hari ini Selasa 11 Januari 2019, Pihak pertama dengan ini menyatakan dan mengikatkan diri untuk menjual pada pihak kedua dan juga pihak kedua berjanji menyatakan serta mengikatkan diri untuk membeli dari pihak pertama berupa :


Sebidang tanah yang terletak di desa  Si Macan Rt. 4/ Rw. 7, kecamatan Papoan, Kab.Sidoarjo, seluas 40.000 m2 (Empat puluh ribu) meter persegi, dengan batas tanah tersebut adalah sebagai berikut :


Sebelah barat : Berbatasan dengan tanah H. Amri

Sebelah timur : Berbatasan dengan tanah Shaleh

Sebelah utara : berbatasan dengan tanah Agus

Sebelah selatan : Berbatasan dengan tanah Najib


Kedua belah pihak bersepakat  untuk mengadakan ikatan jual belu tanah dengan syarat dan ketentuan yang sudah di atur dalam 4 (empat) pasal, berikut ini :


Pasal 1

Harga

Jual beli tanah tersebut dilakukan dan disetujui oleh masing-masing pihak dengan harga tanah sebesar Rp 700.000.000 (Tujuh ratus juta rupiah)


Pasal 2

Cara pembayaran

Pihak kedua memberikan uang tanda jadi sebesar Rp.50.000.000 (Lima puluh juta rupiah) akan dibayarkan oleh pihak kedua pada tanggal 11 januari 2019.


Pasal 3

Jaminan dan saksi

Pihak pertama menjamin sepenuhnya bahwa tanah yang dijualnya  adalah milik sah  pihak pertama sendiri tidak ada orang atau  pihak lain yang turut mempunyai hak, bebas dari sitaan serta tidak tersangkut dalam suatu perkara atau sengketa.


Jaminan  dari pihak pertama dikuatkan oleh dua orang yang turut menandatangani surat perjanjian ini selaku saksi. Kedua saksi tersebut adalah :


Kedua orang saksi tersebut adalah :

Saksi I

Nama : Sarimah

Umur : 48 Tahun

Pekerjaan : bidan

Alamat : Rt 4/Rw 07 simacan

Disebut sebagai saksi I


Saksi II

Nama : Anton

Umur : 48 Tahun

Pekerjaan : sopir

Alamat : Rt 4/Rw 07 simacan

Disebut sebagai saksi II


Pasal 4

Penyerahan

Pihak pertama berjanji serta mengikatkan diri untuk menyerahkan sertifikat tanah pada pihak ke dua selambat-lambatnya satu minggu setelah pihak ke dua melunasi seluruh pembayaran.


Demikian surat perjanjian ini dibuat  dan ditandatangani kedua belah pihak pada hari selasa, tanggal 11  bulan Januari tahun 2019 dalam keadaan sadar tanpa adanya paksaan atau tekanan dari manapun.


Penjual Dan Pembeli

    Pihak Pertama                                                                                                         Pihak Kedua

           Ttd                                                                                                                           Ttd


Para Saksi :

   Saksi 1                                                                                                                         Saksi 2

     Ttd                                                                                                                                Ttd 


Download Surat/download/button

Surat perjanjian diatas merupakan salah satu contoh akta jual beli tanah sederhana. Lalu bagaimana contoh surat perjanjian jual beli tanah yang dilakukan secara bertahap. Simak contohnya berikut ini !

 SURAT PERJANJIAN


Kami yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama            :  Andriani

Umur            : 52 Tahun

Pekerjaan     : Wiraswasta

Alamat         : Jl.  Mangga no 26 Jakarta

Nomor KTP : 067675489885


Untuk selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA.


Nama            :  Amir Syamsudin

Umur            : 71 Tahun

Pekerjaan      :  Pensiunan

Alamat          : Jl.  Jambu no 64 Jakarta.

Nomor KTP  : 76554388765454


Untuk selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.


Pada hari ini  Rabu tanggal 17 Januari, Tahun 2019, Pihak pertama dengan ini menyatakan dan mengikatkan diri untuk menjual ke pihak kedua dan pihak kedua juga berjanji menyatakan serta mengikatkan diri untuk membeli dari pihak pertama berupa:

Sebidang tanah Hak Milik yang terletak di Kelurahan  Jambumete RT. 6/ RW.7, Kecamatan  Tanah Perak, Kota Jakarta, seluas 2.000 M³ (dua ribu) meter persegi, dengan batas-batas tanah tersebut adalah sebagai berikut :


Sebelah barat : Berbatasan dengan tanah H. Syafii

Sebelah timur : Berbatasan dengan tanah Ardian

Sebelah utara : Berbatasan dengan tanah Jovan

Sebelah selatan : Berbatasan dengan tanah Bebi


Kedua belah pihak bersepakat untuk mengadakan ikatan janji jual beli tanah dengan syarat dan ketentuan yang diatur dalam 9 (sembilan) pasal, berikut ini:


Pasal 1

HARGA

Jual beli tanah tersebut dilakukan dan disetujui oleh masing-masing pihak dengan harga tanah sebesar Rp2. 000.000.000 (dua miliar rupiah);


Pasal 2

CARA PEMBAYARAN

Pihak Kedua akan memberikan uang tanda jadi sebesar Rp.500. 000.000,00 (lima ratus rupiah) kepada Pihak Pertama yaitu pada tanggal 26 Februari 2019

Sisa pembayaran sebesar Rp 1.500.000.000,00 (satu milyar lima ratus juta rupiah) akan dibayarkan oleh Pihak Kedua pada tanggal 30 Maret 2019. 


Pasal 3

JAMINAN DAN SAKSI

Pihak pertama menjamin sepenuhnya bahwa tanah yang dijualnya  adalah milik sah  pihak pertama sendiri tidak ada orang atau  pihak lain yang turut mempunyai hak, bebas dari sitaan serta tidak tersangkut dalam suatu perkara atau sengketa.


Jaminan  dari pihak pertama dikuatkan oleh dua orang yang turut menandatangani surat perjanjian ini selaku saksi. Kedua saksi tersebut adalah Kedua orang saksi tersebut adalah:


1. Saksi I

Nama : Amir

Umur: 45 tahun

Pekerjaan: Guru

Alamat : jalan jambu no 63 Jakarta

Selanjutnya disebut sebagai Saksi I


2. Saksi II

Nama : Andi Galih

Umur  : 39 tahun

Pekerjaan: PNS

Alamat : jalan melati no 54 Jakarta

Selanjutnya disebut sebagai Saksi II.


Pasal 4

PENYERAHAN

Pihak pertama berjanji serta mengikatkan diri untuk menyerahkan sertifikat tanah pada pihak ke dua selambat-lambatnya satu minggu setelah pihak ke dua melunasi seluruh pembayaran.


Demikianlah Surat Perjanjan ini dibuat 2 (dua) rangkap dan ditandatangani kedua belah pihak di Jakarta pada hari rabu tanggal 17 bulan Januari tahun 2019, dalam keadaan sadar dan tanpa adanya paksaan atau tekanan dari pihak manapun.



PIHAK PERTAMA,                                                                                      PIHAK KEDUA,

            ttd                                                                                                                    ttd


      (Andriani)                                                                                                (Amir Syamsudin)


Saksi-Saksi:

1) Amir


ttd

…………………………………


2)  Andi Galih


ttd

…………………………………


Download/download/button

Dalam transaksi jual beli tanah, terdapat aturan atau prosedur. Proses tersebut diantara menandatangani perjanjian jual beli atau dengan akta jual beli tanah. Untuk itu, jika Anda diharuskan membuat formatnya, maka bisa menggunakan contoh diatas.

Dengan menggunakan surat jual beli yang memiliki format kredibel dan bisa dipertanggungjawabkan maka akan semakin mantab dalam melakukan transaksi. Apalagi disaat transaksi jual beli tanah melibatkan saksi-saksi.

Baca Dulu: Surat Perjanjian Damai Kecelakaan Lalu Lintas alert-info

Adanya akta tanah dalam jual beli tanah menjadi point mutlak jika mau membeli sebidang tanah. Karena, pasti ada penjual tanah yang memberi janji bahwa sertifikat tanah belum turun namun sudah berani menawarkan tanahnya. Mereka beralasan jika sertifikat atau akta tanah tersebut sedang diproses. Padahal, bisa jadi proses pembuatan akta tanah bisa memakan waktu yang tidak sebentar. Oleh karena itu, kita perlu hari-hati.

Baca juga: Contoh Kwitansi Surat Perjanjian jual Beli Tanah alert-info

Apalagi jika tanah tersebut dalam kondisi belum dikeringkan atau lahan sawah. Ini tentu memerlukan proses agar tanah tersebut bisa disertifikatkan untuk nantinya bisa dibangun rumah atau bangunan lainnya.

Surat jual beli tanah

Surat jual beli tanah adalah perjanjian tertulis diatas kertas antara penjual dan pembeli dalam transaksi jual beli tanah.

Surat ini dapat digunakan sebagai pedoman di kemudian hari untuk menghindari perselisihan antara pembeli dan penjual.

Perjanjian jual beli properti ini sering dibuat dengan bantuan notaris.

Namun, Anda mungkin masih dapat membuat akta tidak sah dengan membuat surat jual beli tanah dengan bermaterai.

Dari segi hukum, surat kuasa jual beli tanah yang dibuat oleh notaris memiliki kewenangan yang lebih dari akta di bawah tangan.

Baca Juga: Contoh Surat Perjanjian Hutang Piutang alert-info

Pengertian Surat Perjanjian Jual Beli Tanah

Perjanjian Jual Beli Tanah adalah kontrak antara penjual dan pembeli yang menetapkan tugas dan hak masing-masing pihak.

Perjanjian ini dianggap mengikat secara hukum dan menguntungkan kedua belah pihak.

Keuntungan dari perjanjian jual beli properti ini dapat melindungi Anda tidak hanya sebagai pembeli, tetapi juga sebagai penjual, dari penipuan.

Pada intinya, surat perjanjian jual beli tanah ini dapat mencegah suatu hal yang tidak diinginkan, terutama penipuan atau ketidak sesuaian akad atau perjanjian.

Contoh akta jual beli tanah doc

Singkatan dari Akta Jual Beli adalah AJB.

AJB adalah akta asli yang dibuat oleh Notaris atau Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) dan merupakan perbuatan hukum peralihan hak atas tanah akibat jual beli.

Artinya, AJB adalah syarat yang mengikat secara hukum dalam pembelian atau penjualan tanah atau tempat tinggal.

Contoh akta jual beli tanah doc

Sehubungan dengan itu, menurut Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah, peralihan hak atas tanah dan hak milik atas satuan rumah susun hanya dapat dilakukan dengan akta yang ditandatangani oleh Notaris/PPAT.

Baca Juga: Contoh Surat Perjanjian Hutang Piutang Dengan Jaminan Sertifikat Tanah alert-info

Jika bidang tanah sudah terdaftar atau satuan rumah susun sudah mempunyai hak milik, maka asli sertifikat hak harus diperlihatkan dan dicocokkan dengan buku tanah di Kantor Pertanahan setempat.

Membuat hak atas tanah AJB di hadapan PPAT harus memenuhi sejumlah syarat perundang-undangan.

Silahkan download Akta Jual Beli Tanah (AJB) file DOC (Word) dibawah ini, dan silahkan edit sesuai kebutuhan.

DOWNLOAD/download/button

Contoh surat perjanjian pembayaran tanah

Bagi Anda yang ingin menjual atau membeli tanah, surat perjanjian pembayaran tanah menjadi bukti sah adanya transaksi jual beli tanah.

Saat menyusun surat pembayaran tanah, banyak faktor kunci yang harus diperhitungkan baik penjual atau pembeli.

Sebagai contoh, penentuan kepemilikan barang: apakah benar milik orang yang menjualnya, tanah warisan, atau benar-benar tanah miliknya.

Jangan sampai terjadi gugatan sengketa tanah karena karena tidak adanya perjanjian yang jelas.

DOWNLOAD/download/button

Baca Juga:

Nah itulah beberapa contoh surat perjanjian jual beli tanah dengan pembayaran bertahap. Semoga membantu !

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post