Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer


Cara Mendapatkan Beasiswa Pondok Pesantren Tingkat SMP

Beasiswa pesantren tingkat SMP bisa Kamu dapatkan dengan mudah asalkan Kamu sudah mempersiapkan beberapa hal. Oleh karena itu mulai dari kecil sebaiknya diajari cara mendapatkan beasiswa pondok pesantren.

Beasiswa Pesantren Tingkat SMP

Baca Dulu : Pesantren Tahfidz Putri Full Gratis alert-info

Cara Mendapatkan Beasiswa Pesantren Tingkat SMP 2022

1. Menghafal Al-Qur’an sejak kecil setidaknya 5 Juz

Jika Kamu berkeinginan anak atau adik Kamu mendapatkan beasiswa, yuks ajari mereka menghafal Al-Qur’an sejak kecil. Kamu bisa mengajarkan kepada anak menghafal juz baik berurutan ataupun tidak. 

Setidaknya ketika usia masih anak-anak sudah diajarkan hafalan juz 30. Kemudian perlahan hafalan surah Al-Baqarah sampai Ali-Imran dan seterusnya. 

Hafalan tidak hanya sekedar hafal saja. Setidaknya Kamu harus parah hukum bacaan, makhraj huruf, serta irama bacaan sempurna. Kondisi seperti ini akan memberi penilaian tersendiri terhadap anak. 

2. Belajar menulis arab sejak kecil 

Ketika ingin mendaftar beasiswa biasanya akan dilakukan tes, selain baca Al-Qur’an yakni juga menulis Al-Qur’an. Bagi santri pun hal ini bukan sesuatu yang mudah. Makanya harus dilatih sejak kecil.  

3. Belajar Pengetahuan Umum

Jelas bahwa di pesantren yang dikedepankan adalah pendidikan tentang adab serta akhlak. Tetapi, ponpes tetap mengajarkan ilmu pengetahuan umum juga kepada santrinya. 

Pengetahuan umum berguna dan digunakan di masyarakat. Benar, Kamu harus mempersiapkan adab dan akhlak anak dengan baik. Namun anak harus paham juga ilmu di masyarakat. 

4. Meningkatkan prestasi 

Pendaftaran beasiswa biasanya harus memakai sertifikat prestasi baik akademik atau non akademik yang dimiliki oleh santri atau calon santri. 

Namun memang tidak akan batasan tentang berapa banyak prestasi yang harus dilampirkan. Tidak melulu harus banyak prestasi yang terpenting ada yang digunakan dan masuk sebagai persyaratan. 

5. Menjaga nilai rapor tidak kurang dari 80 

Biasanya bagi siswa yang ingin mendaftar beasiswa akan diberi persyaratan nilai rata-rata 80. Keseluruhan mata pelajaran minimal di 3 semester. Pada umumnya pelajaran IPA, bahasa Indonesia, Matematika, bahasa Inggris, IPS. 

Baca Juga : Beasiswa Bali International Flight alert-info

Pesantren Tahfidz Full Beasiswa

Pesantren Tahfidz Full Beasiswa


Beberapa pondok pesantren pasti memberikan beasiswa, salah satunya beasiswa tahfidz Qur’an. Inilah beberapa pesantren tahfidz full beasiswa khusus lulusan SMA yang bisa Kamu coba :

1. Pondok Tahfidz Perwira Baitul Quran Al Burhani

Bukan hanya sebagai pesantren Tahfidz saja, pondok Pesantren ini juga mengajarkan Wirausaha (Perwira). Waktu sekitar dua tahun, santri dididik dan diajarkan belajar Al-Qur’an sehingga bisa menjadi hafidz 30 juz. 

Luar biasanya semua pendidikan yang dilakukan di ponpes Perwira Baitul Quran Al Burhani tidak dimintai biaya alias mendapat beasiswa penuh mulai masuk sampai lulus.

Jika Kamu ingin mencoba mendaftar silakan kunjungi Kampus Ben Sholeh, yang berada di Jl. Jawa Gg. Pondok, Desa. Sumberjo Kecamatan Sanankulon Blitar, Jawa Timur. 

2. Pondok Pesantren Al Quran Ibnu Katsir

Pondok pesantren Ibnu Katsir menyediakan beasiswa untuk santriwan dan santriwati. Khusus pada kurikulum tahfidz Quran, evaluasi akan dilakukan setiap 6 bulan sekali. 

Jika selama masa tersebut target yang diberikan tidak tercapai. Maka beasiswa akan dicabut alias didiskualifikasi. 

Alamat Pondok Pesantren ini ada di Jl. Mangga nomor 18, Kabupaten Jember, Jawa Timur bagi santri putra. Sedangkan Pondok Pesantren Putri ada di Jl. Hayam Wuruk XXI, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

3. STIDKI Ar Rahmah

Bagi Kamu yang ingin mendapatkan beasiswa tahfidz Qur’an gratis Kamu bisa mencoba ke Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam (STIDKI) Ar Rahmah.

STIDKI memberikan beasiswa secara penuh bagi Program Studi S1 Manajemen Komunikasi dan Dakwah juga tahfizh 30 juz. Bagi yang ingin daftar STIDKI ada di  Jl. Teluk Buli I/3-5-7 Surabaya.

Ketahui :

Itulah cara mendapatkan beasiswa pesantren tingkat SMP dan beberapa pesantren yang menyediakan beasiswa. Semoga membantu. 

Dona
Dona Fresh graduate dari Semarang, mengisi kesibukan sebagai bklogger dan freelancer. Penyuka pegunungan dan hujan.

Posting Komentar untuk "Cara Mendapatkan Beasiswa Pondok Pesantren Tingkat SMP"