Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan Dikertas Folio Fresh Graduate


Daftar riwayat hidup (CV) merupakan dokumen penting yang biasa digunakan dalam proses pengajuan lamaran pekerjaan. Data ini berisi informasi dasar terkait data pribadi seseorang seperti nama, alamat, pendidikan, hingga skill. Jika dilihat dari jenis formatnya, CV dibagi menjadi tiga yakni CV tulis tangan, CV printing, dan CV digital. Dari ketiganya tersebut, yang terpopuler ialah daftar riwayat hidup tulis tangan fresh graduate.

Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan Fresh Graduate



CV tulisan tangan akan dianggap lebih original dan mampu mencerminkan kepribadian penulis. Karena itu, sebagian besar HRD dari suatu perusahaan lebih memilih untuk mengamati daftar riwayat hidup tulis tangan dibandingkan dengan yang diketik.


Daftar riwayat hidup tulis tangan merupakan dokumen yang  berisikan identitas seseorang yang penulisannya dilakukan secara manual menggunakan tangan.

Penggunaan daftar riwayat hidup tulisan tangan biasanya dilakukan menggunakan ballpoint hitam dan kertas folio atau HVS ukuran A4 berwarna putih.

Walaupun sering di cap sebagai metode yang ketinggalan jaman, namun CV tulisan tangan justru dapat menjadi indikator kesungguhan dari para pelamar kerja. Bahkan hal ini bisa menjadi cara bagi seorang HRD untuk mengenali sifat, karakter, dan kepribadian dari  calon pelamar.

Berikut beberapa kelebihan daftar riwayat hidup tulis tangan dibandingkan dengan yang diketik ataupun berformat digital:

HRD dapat mengenali karakter detail dari para pelamar via cara penulisannya.
Menumbuhkan nilai kepercayaan diri melalui tulisan yang ditulis dengan usaha sendiri.
Mengungkapkan kesan kesungguh-sungguhan dari si calon pelamar kerja.
Memiliki bentuk tulisan yang berbeda-beda satu sama lain sehingga menarik perhatian HRD.


Unsur-Unsur Daftar Riwayat Hidup

Nah, sebelum kita lanjutkan ke pembahasan detail seputar contoh daftar riwayat hidup tulis tangan lulusan SMK fresh graduate, alangkah baiknya untuk memahami terlebih dahulu unsur-unsur daftar riwayat hidup yang wajib tercantum di dalamnya. Berikut di antaranya:

  1. Data Diri: merupakan informasi pribadi dari diri kita masing-masing yang meliputi nama lengkap, tanggal lahir, alamat, nomor telepon, agama, tempat tinggal, dan usia. Semakin lengkap data dirinya, maka akan semakin menambah validitas dari CV tersebut.
  2. Riwayat Pendidikan: berisi jenjang pendidikan yang telah kalian tempuh selama ini mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga perguruan tinggi (universitas / fakultas). Usahakan untuk mencantumkan nama sekolah, tahun kelulusan, dan nilai IPK.
  3. Pengalaman Bekerja: seorang fresh graduate belum tentu tidak punya pengalaman kerja. Pengalaman magang di perusahaan, On Job Training, ataupun PKL juga bisa kalian masukan ke dalam form pengalaman bekerja. Jangan lupa cantumkan nama perusahaan, posisi, sekaligus lama bekerja.
  4. Prestasi: jika kalian punya prestasi yang patut dibanggakan, maka jangan ragu untuk mencantumkannya di dalam daftar riwayat hidup. Terutama untuk prestasi yang berhubungan langsung dengan dunia kerja yang sedang kalian harapkan.
  5. Sosial media: link akun sosial media juga bisa kalian tambahkan ke dalam form CV. Beberapa HRD dari suatu perusahaan ternama akan melacak satu per satu link akun sosial media para pelamar kerja agar mengetahui sifat, perilaku, dan kepribadiannya.
  6. Keterangan tambahan: beberapa informasi tambahan seperti pengalaman organisasi selama disekolah (OSIS), jabatan selama dalam komunitas, ataupun portofolio dari keahlian kalian juga bisa dicantumkan di bagian ini.


Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan Fresh Graduate

Jika kalian seorang fresh graduate dan sedang kesulitan dalam membuat daftar riwayat hidup, silakan cek berbagai macam contoh daftar riwayat hidup tulis tangan di kertas folio maupun HVS berikut ini:


1. Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan

Contoh Daftar Riwayat Hidup di Folio


Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulisan Tangan


Di atas adalah contoh daftar riwayat hidup tulis tangan fresh graduate yang baik, benar, dan juga lengkap dengan berisikan:

Data diri secara lengkap
Riwayat pendidikan formal
Riwayat pendidikan informal
Pengalaman kerja
Nama terang

Baca Juga :


2. Contoh Daftar Riwayat Hidup di Kerta HVS

Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulisan Tangan di Kertas HVS


Contoh Daftar Riwayat Hidup di Kertas HVS


Daftar riwayat hidup tulis tangan tanpa pengalaman kerja juga bisa kalian tulis di kertas non folio atau kertas HVS seperti pada gambar di atas. Bahkan, hasilnya akan jauh lebih bersih dan lebih nyaman dilihat di  bandingkan di kertas folio.

Namun pembuatannya mesti rapi dan kalian bisa menggunakan penggaris atau alat bantu lain untuk membuat baris tulisan lurus dan tidak saling berseberangan.

Jika sebelumnya kalian belum punya pengalaman kerja langsung namun pernah mengikuti magang atau PKL secara langsung di dunia industri, maka silakan masukan saja data tersebut ke dalamnya.


3. Contoh CV Bahasa Inggris Tulis Tangan

Contoh CV Bahasa Inggris Tulisan Tangan


Jika ingin membuat daftar riwayat hidup fresh graduate SMK tulis tangan dalam bahasa Inggris, maka kalian bisa mencontoh gambar di atas.

Selain dari segi bahasa, sebenarnya tidak ada perubahan berarti dalam penulisan antara CV Bahasa Indonesia dan CV Bahasa Inggris, kalian hanya perlu memasukan data sesuai style penulisan yang tepat dan kaidah bahasa Inggris yang baik dan benar.

Ketahui :

Itulah beragam contoh daftar riwayat hidup tulis tangan lulusan SMK yang dapat kalian tiru dan ikuti contoh templatenya. Semoga bermanfaat!
judul gambar
judul gambar

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post