Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer


Download Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Membayar Angsuran & Mentaati Peraturan

Secara umum surat pernyataan kesanggupan adalah surat yang berisi mengenai kesanggupan dari pihak pembuat surat atas peraturan atau kebijakan tertentu yang diberikan oleh penerima surat

Sedangkan menurut Muslichah dalam bukunya yang berjudul Bunga Rampai Kearsipan dijelaskan apabila surat pernyataan kesanggupan biasanya ditulis atas permintaan organisasi ataupun perorangan untuk mempertegas dan memperkuat suatu peristiwa dan fakta tertentu. 

Karena surat pernyataan kesanggupan termasuk ke dalam salah satu jenis surat yang resmi maka dalam penulisannya perlu diperhatikan kaidah-kaidah yang tepat. Selain itu bahasa yang digunakan juga wajib menggunakan bahasa formal dan baku. 

Tujuan dan manfaat surat pernyataan kesanggupan

Setalah mengetahui pengertian surat pernyataan kesanggupan baik secara umum dan ilmiah berikutnya akan dibahas mengenai apa tujuan dan manfaat dari surat pernyataan kesanggupan. 

contoh surat pernyataan kesanggupan

Dikutip dari berbagai sumber, tujuan dari surat pernyataan kesanggupan adalah untuk mengikat seseorang mampu mengikuti atau menjalankan ketentuan dan peraturan tertentu. Dalam artian surat pernyataan kesanggupan menjadi salah satu alat pengikat individu dalam sebuah organisasi instansi atau komunitas dan lembaga lain yang sejenis. 

Sedangkan manfaat surat pernyataan kesanggupan pada dasarnya memberikan manfaat kepada dua belah pihak. Antara penerima surat dan pembuat surat akan mendapatkan manfaat yang saling menguntungkan dan tidak merugikan satu sama lain. 

Untuk penerima surat, surat pernyataan kesanggupan menjadi bukti  tanggung jawab dan kesanggupan pihak pembuat surat atas setiap peraturan atau kebijakan yang sudah ditetapkan. Apabila di kemudian hari pihak pembuat surat terbukti melanggar peraturan maka pihak penerima surat bisa menerapkan sanksi tanpa menyalahi aturan yang ada. 

Sebaliknya, bagi pembuat surat adanya surat pernyataan kesanggupan menjadi bukti kredibilitas pembuat surat mampu menjalankan tugas dan pekerjaannya dengan baik. Dengan adanya surat pernyataan kesanggupan bukan mustahil bisa menumbuhkan rasa percaya pimpinan kepada pihak pembuat surat. 

Contoh Format Surat Pernyataan Kesanggupan

Untuk membuat surat pernyataan kesanggupan yang baik dan benar, di bawah ini contoh format surat pernyataan kesanggupan yang bisa anda contoh. 

1. Contoh surat pernyataan kesanggupan menaati peraturan

Bagian atas surat diisi data diri / identitas pembuat surat. Contohnya seperti berikut 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Imroatul Sholekah

Tempat/Tanggal lahir : Blitar, 17 Mei 1998

NIP : 12345678910

Jabatan : Karyawan Swasta

Tempat Bekerja : Mayangkara Group

Pendidikan Terakhir : Sarjana Ekonomi Pembangunan


Bagian isi surat diisi dengan pernyataan yang menunjukkan kesanggupan mematuhi peraturan di tempat kerja. Berikut contohnya

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa:

1. Bersedia dan berjanji mengabdikan diri dengan sungguh-sungguh di Mayangkara Group dan semaksimal mungkin ikut serta dalam memajukan perusahaan.  

2. Bersedia menaati segala peraturan yang berlaku di Mayangkara Group selama menjadi karyawan serta berpegang teguh pada ajaran agama.  

3. Bersedia menerima sanksi apabila dikemudian dari melakukan pelanggaran sesuai dengan ketentuan sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya saat penandatanganan kontrak kerja. 

Bagian penutup surat. Anda bisa membuat bagian penutup surat dengan format  seperti ini

Demikian surat pernyataan kesanggupan menaati peraturan ini saya buat untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Blitar 30 Juni 2021 

Yang Membuat,

Imroatul Sholekah


Contoh format surat pernyataan kesanggupan menaati peraturan di atas juga bisa digunakan sebagai contoh format surat kesanggupan yang lain. Misalnya contoh surat pernyataan kesanggupan mentaati peraturan, contoh surat pernyataan kesanggupan melaksanakan pekerjaan, contoh surat pernyataan kesanggupan membayar angsuran, contoh surat pernyataan kesanggupan membayar hutang dengan jaminan dan lain sebagainya. 

Anda hanya tinggal mengganti format bagian isi dan juga identitas diri yang sesuai. Sangat mudah dan simpel sekali pastinya. 


2. Format surat pernyataan kesanggupan membayar hutang

Bagian pembuka isilah dengan format seperti dibawah ini

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama              : ( isi nama dari pihak peminjam uang)

NIK                  :

Alamat             :

Menyatakan kepada.

Nama              ( isi nama dari pihak pemberi hutang)

NIK                  :

Alamat             :


Bagian isi surat pernyataan tulislah seperti contoh di bawah ini

Bahwa saya bersedia melunasi hutang saya kepada pihak pemberi hutang bapak/ibu (.....) Yang identitasnya tercantum di atas. Hutang saya sebesar (sebutkan nominal hutang yang dipinjam) akan saya lunasi selambat-lambatnya sebelum tanggal (sebutkan tanggal lengkap dengan bulan dan tahun).  apabila pada batas waktu yang saya sebutkan diatas saya tidak bisa melunasi hutang saya, saya bersedia menerima konsekuensi yakni dilaporkan ke pihak berwajib (kepolisian).


Bagian penutup surat

Demikian surat pernyataan kesanggupan membayar hutang ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada suatu paksaan apapun dan saya buat dalam keadaan sadar. 


Contoh surat pernyataan kesanggupan mentaati peraturan & membayar angsuran

Dibawah ini bisa Anda download format surat pernyataan kesanggupan untuk membayar biaya pendidikan, mentaati peraturan dll. Tipe file adalah .doc (Ms Word) yang bisa Anda edit. Anda bisa edit dan sesuaikan dengan maksud dan tujuan Anda.

contoh surat pernyataan kesanggupan mentaati peraturan




contoh surat pernyataan kesanggupan melaksanakan pekerjaan

DOWNLOAD/download/button


contoh surat pernyataan kesanggupan membayar angsuran




Jika belum cukup, Anda bisa mencoba mendownload contoh surat pernyataan kesanggupan dibawah ini:




Demikian tadi uraian singkat mengenai pengertian, tujuan, manfaat dan contoh surat pernyataan kesanggupan yang bisa anda ketahui. Semoga setelah membaca artikel ini pemahaman Anda mengenai surat pernyataan kesanggupan bertambah.

Tya Hanifah
Tya Hanifah Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu.

Posting Komentar untuk "Download Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Membayar Angsuran & Mentaati Peraturan"