Download Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan Perangkat Desa (Pdf - Word)


Download contoh surat pengunduran diri perangkat desa – Apabila saat ini anda berprofesi sebagai perangkat desa dan berniat untuk mengajukan pengunduran diri ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan. Pertanyaannya bolehkah perangkat desa mengundurkan diri? Jawabannya tentu boleh dengan persyaratan tertentu. 

Contoh surat pernyataan pengunduran diri dari perangkat desa

contoh surat pengunduran diri perangkat desa pdf

Salah satu hal utama yang perlu kamu siapkan ketika akan mengundurkan diri adalah surat pengunduran diri perangkat desa. Berikut ini contoh surat pengunduran diri perangkat desa yang bisa kamu jadikan referensi untuk membuat surat pengunduran diri yang benar. 

1. Tulis alamat dan tanggal pembuatan surat

Kalimat pertama yang perlu anda tulis dalam surat pengunduran diri adalah menuliskan alamat dan tanggal pembuatan surat. Contohnya dapat Anda lihat seperti dibawah ini

Blitar, 11 Juni 2021


2. Tulis kepada siapa surat pengunduran diri tersebut ditujukan

Di bawah alamat dan tanggal pembuatan surat, anda perlu menambahkan siapa penerima surat yang telah dibuat. Jika kebingungan perhatikan contoh di bawah ini

Kepada 

Yth. Kepala Desa Langon

Blitar


3. Tulis data diri

Selanjutnya tulis data diri Anda di bawah alamat tujuan surat. Tulis data diri yang penting saja. Hindari menuliskan data diri yang tidak penting seperti, hobi, usia, nomor hp dan lain sebagainya. 

Perhatikan format data diri yang baik dan benar seperti berikut ini. 

Nama:

Alamat:

Jabatan:


4. Tulis tujuan pembuatan surat

Di bawah data diri, tulis tujuan pembuatan surat. Hindari menuliskan sesuatu yang bertele-tele dan sulit dipahami. Buat sejelas mungkin seperti dibawah ini.

Bersamaan dengan surat ini, saya bertujuan untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan saya sebagai perangkat desa Langon terhitung pada tanggal 1 Juli 2021. 


5. Sampaikan permohonan maaf dan ucapan terimakasih

Meskipun setelah surat pengunduran diri di terima anda tidak lagi bekerja di lingkungan tersebut, sangat penting untuk mengucapkan etika berpamitan yang sopan. 

Etika berpamitan yang sopan ini bisa anda sampaikan melalui kalimat yang anda tulis dalam surat pengunduran diri. Contohnya adalah di bawah ini. 

(Ucapan terimakasih)

Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepercayaannya kepada saya selama saya menjabat sebagai perangkat desa Langon. Terima kasih untuk setiap kesempatan dan bimbingan sebagai bahan  belajar bagi saya. 

(Ucapan permintaan maaf)

Saya menyampaikan permohonan maaf apabila selama menjabat sebagai perangkat desa Langon banyak kesalahan yang saya lakukan. Maaf apabila setelah ini saya tidak bisa bergabung bersama Bapak dan rekan perangkat yang lain sebagai perangkat desa Langon. 


6. Penutup surat

Sebenarnya pada bagian penutup surat tidak ada yang spesial. Seperti inilah contoh surat pengunduran diri kerja sebagai perangkat desa pada bagian penutup. 

Demikian surat pengunduran ini saya buat dengan sebenar-benarnya dalam keadaan sadar tanpa ada paksaan dari pihak manapun. 

Hormat saya

Tanda tangan

Nama lengkap penulis surat


Contoh surat pengunduran diri dari jabatan perangkat desa seperti contoh diatas dapat anda contoh apabila berkeinginan mengundurkan diri dari pekerjaan. Selain contoh diatas kamu juga bisa menggunakan contoh surat pengunduran diri perangkat desa dengan mencarinya di berbagai situs internet. 

Beberapa kata kunci yang bisa kamu gunakan untuk research contoh surat pengunduran diri yaitu contoh surat pengunduran diri perangkat desa PDF dan download contoh surat pengunduran diri perangkat desa. 

Download contoh surat pengunduran diri perangkat desa

Berikut ini kami berikan contoh surat pengunduran diri kerja sebagai perangkat desa yang bisa Anda download dalam format .doc Ms Word.

contoh surat pengunduran diri dari jabatan perangkat desa


Download [Word]/download/button


Jika Anda menginginkan versi Pdf nya, silahkan download disini/download/button.

Yang Perlu Disiapkan Saat Mengundurkan Diri

Setelah melihat contoh surat pengunduran diri perangkat desa, berikutnya adalah beberapa poin yang perlu  anda siapkan atau dijadikan bahan pertimbangan sebelum mengundurkan diri. 

1. Berdiskusi dengan kepala desa

Terkadang keinginan untuk resign sebagai perangkat desa muncul karena beberapa permasalahan yang tidak bisa kita atasi sendiri. Bisa jadi setelah mendiskusikannya dengan kepala desa Anda bisa mendapatkan solusi dari permasalahan Anda. Sehingga keputusan untuk mengundurkan diri dapat dipertimbangkan kembali. 

2. Membicarakan alasan pengunduran diri perangkat desa

Seperti yang diketahui tindakan mengundurkan diri memang diperbolehkan sebagaimana diatur oleh kementerian dalam negeri. Meski demikian, tidak mungkin pengunduran diri tersebut terjadi tanpa suatu alasan apapun. 

Coba sampaikan alasan anda pengunduran diri kepada perangkat desa terlebih dahulu sebelum anda menyerahkan surat pengunduran diri. Sampaikan alasan yang sebenar-benarnya tanpa dibuat-buat.  Alasan yang dibuat-buat justru bisa menghilangkan respect kepala desa kepada anda. 

Baca Dulu: Contoh Surat Penonaktifan BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan alert-info

3. Patuhi peraturan pengunduran diri yang ditetapkan oleh pihak desa

Meskipun ketentuan pengunduran diri perangkat desa sudah diatur dalam undang-undang, biasanya pihak Desa mempunyai persyaratan khusus yang harus dipatuhi sebelum seseorang melakukan pengunduran diri. 

Anda harus mencari tahu serta memenuhi setiap peraturan pengunduran diri yang dilakukan oleh desa. Contoh peraturan pengunduran diri yang biasanya diberlakukan oleh desa misalnya tidak mempunyai tanggungan pekerjaan yang belum selesai, mematuhi berita acara pengunduran diri perangkat desa dan lain sebagainya. 

Baca Juga: Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Pabrik alert-info

Demikian tadi penjelasan mengenai contoh surat pengunduran diri perangkat desa beserta tahapan pengunduran diri yang bisa Anda terapkan. Semoga informasi yang ada pada artikel ini bermanfaat bagi anda.

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post