Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer


Contoh Formulir Pendaftaran PAUD Sesuai Dapodik

Pendaftaran PAUD untuk ajaran baru tentu tidak serumit pendaftaran pada tingkat Sekolah Dasar (SD) ataupun Sekolah Menengah (SMP, SMA, SMK). Karena itu, jika kalian lihat contoh formulir pendaftaran PAUD tentu lebih simpel dan tidak terlalu banyak data yang harus diisi.

contoh formulir pendaftaran webinar


Baca Dulu : Contoh Formulir Pendaftaran Masuk Sekolah Dasar alert-info

Nah, apabila kalian butuh contoh formulir pendaftaran PAUD 2022 sesuai yang ditetapkan oleh Dapodik, maka silakan simak terus rinciannya di bawah ini.

Pengertian Formulir Pendaftaran PAUD sesuai Dapodik

Formulir pendaftaran PAUD atau biasa disebut juga sebagai dokumen penerimaan siswa PAUD merupakan sebuah formulir yang wajib diisi oleh para orang tua calon peserta didik PAUD sesuai tahun ajaran yang berlaku.

Formulir pendaftaran PAUD dibuat oleh pihak panitia penyelenggara pendaftaran masing-masing PAUD sesuai dengan rekomendasi dari Dapodik. Dokumen ini di cetak dalam bentuk ukuran kertas HVS ukuran F4 ataupun kertas folio sesuai dengan kebutuhan.

Pengisi formulir pendaftaran ini ialah wali dari si anak yang akan mendaftar. Jadi, itu bisa berarti orang tua, paman, kakek, atau kerabat yang menjadi penanggung jawab si anak tersebut. Nah, untuk mendapatkan formulir pendaftaran PAUD, silakan ikuti prosedur di bawah ini:

1) Kunjungi PAUD yang akan dijadikan tempat belajar anak kalian.

2) Masuk ke bagian pendaftaran lalu minta formulir pendaftaran kepada petugas.

3) Langsung saja isi dokumen tersebut dengan data sesuai akta kelahiran.

4) Pastikan data yang diisi lengkap dan sesuai dengan data yang ada.

5) Kumpulkan lagi ke pihak panitia untuk segera di update ke dalam database sistem.

Contoh Formulir Pendaftaran PAUD sesuai Dapodik

Nah, bila kalian adalah seorang panitia penerimaan siswa baru PAUD dan sedang mencari contoh formulir pendaftaran PAUD sesuai Dapodik, silakan gunakan saja template di bawah ini:


contoh formulir pendaftaran webinar

Contoh formulir pendaftaran PAUD lainnya:


Formulir Pendaftaran PAUD



Baca Juga :

Berbeda dengan contoh formulir pendaftaran sekolah TK atau tingkat atasnya, form yang perlu diisi dalam form pendaftaran ini sangatlah singkat. Di antaranya ialah:

a) Identitas Data Diri

Seperti yang kalian lihat pada contoh penerimaan siswa baru PAUD di atas, identitas data diri merupakan data yang menyangkut identitas seseorang seperti hanya:

Nama

Jenis kelamin

Tempat tanggal lahir

Agama

Usia

Alamat lengkap

Anak keberapa

Dan no HP orang tua / wali

Data tersebut di atas wajib diisi secara lengkap sesuai dengan data yang terdapat dalam akta kelahiran. Nah, bila anak kalian belum memiliki akta kelahiran, maka bisa juga menggunakan data yang ada di surat kelahiran.

b) Data Orang Tua

Setelah identitas data diri terpenuhi semuanya, selanjutnya tinggal memasukkan data orang tua secara lengkap seperti halnya:

Nama ayah

Nama ibu

Pekerjaan orang tua

Pendidikan

Tempat tanggal lahir

Jika yang bertanggung jawab atas anak tersebut adalah seorang wali selain orang tua, maka masukan saja data orang tua sesuai dengan yang terdapat dalam akta kelahiran. Tidak perlu mengubahnya menjadi data wali.

c) Periodik

Periodik merupakan rincian data fisik calon siswa PAUD yang nantinya bisa digunakan untuk keperluan pelayanan lebih lanjut bagi pihak sekolah. Nah, data periodik ini meliputi:

Tinggi badan

Berat badan

Jarak tempuh

Jumlah saudara

Biasanya data ini hanya bersifat pelengkap saja, jadi pihak PAUD pun tidak mempersalahkan untuk diisi atau tidak. Walau begitu, jika kalian memiliki data anak kalian, maka silakan masukan saja ke dalam form yang tersedia.

Ketahui :

Demikianlah contoh formulir pendaftaran PAUD sesuai Dapodik yang dapat kalian jadikan referensi. Semoga dapat menambah wawasan kita semua!

Dona
Dona Fresh graduate dari Semarang, mengisi kesibukan sebagai bklogger dan freelancer. Penyuka pegunungan dan hujan.

Posting Komentar untuk "Contoh Formulir Pendaftaran PAUD Sesuai Dapodik"