Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer


Contoh Invoice & Kwitansi DP Jual Beli Tanah, Rumah, Mobil

Contoh kwitansi dp jual beli rumah & mobil - Hal ini biasanya dilakukan apabila kita menginginkan suatu benda, namun belum memiliki uang yang cukup untuk membelinya secara cash. Untuk berbagai contoh invoice dp atau tagihan down payment tentunya bisa kita lihat melalui internet. Untuk invoice sendiri memiliki bermacam-macam jenis seperti yang banyak beredar adalah contoh kwitansi dp jual beli tanah.

contoh invoice dp

Invoice dp biasa dikenal dengan uang muka ataupun uang pertama yang dibayarkan sebagai penanda bahwa barang tersebut akan dibeli dan menjadi milik kita. Selepas memberikan uang pertama tersebut, untuk pembayaran selanjutnya akan dibayarkan dengan cicilan yang sudah disepakati besarannya. Sejumlah contoh invoice tagihan dan pelunasan adalah dalam bidang jual beli tanah, rumah, mobil dan masih banyak lagi.

Buat Contoh Invoice dp Sendiri

Membuat invoice merupakan suatu yang mudah dilakukan apabila kita mengerti komputer. Jika kita ingin membuatnya sendiri, bisa menggunakan software yang ada di pc yakni Microsoft excel. Sebelum membuat, ada baiknya jika melihat contoh invoice excel yang ada di internet.

Apabila ingin mencetaknya, bisa langsung print saja atau diubah ke dalam pdf terlebih dahulu. Contoh invoice dp pdf di internet sangat banyak. Untuk versi ini pun sebenarnya bisa saja jika akan mengirimkan langsung ke pembeli tanpa harus mencetaknya. Versi pdf sendiri bisa langsung di buka di smartphone si pembeli.

Isi Kwitansi DP Pembelian

Menyimpan suatu tagihan atau transaksi tentunya membuat sebagian dari kita merasa ribet. Apalagi invoice dp pasti akan ada banyak kertas berserakan. Padahal Kwitansi menyimpan berbagai hal penting seperti informasi pembelian barang atau jasa yang sudah dilakukan. Kwitansi sendiri sebuah surat berharga sebagai bukti sahnya kepemilikan suatu benda.

Bukan hanya pembelian benda, namun terdapat juga contoh invoice dp jasa perorangan seperti bengkel. Selain itu saat membeli sebuah kendaraan baru merupakan contoh kwitansi dp jual beli mobil.

Isi dari sebuah invoice dp atau kwitansi sebenarnya berbeda beda tergantung apa yang diperjual belikan, namun secara keseluruhan yakni logo dari suatu perusahaan, alamat, nomor telepon. Kemudian terdapat kolom nama pembeli, jumlah uang yang diberikan, jenis pembayaran. Apabila merupakan pembayaran dari pembelian kendaraan akan terdapat kolom jenis, nomor mesin, atasnama stnk, tahun dibuat. Selain itu, kolom yang terpenting adalah tanda tangan si pembeli.

Contoh Invoice dp jual beli rumah

Seperti pada umumnya, invoice dp atau sebuah kwitansi dengan pembayaran pertama ialah dokumen yang dipakai sebagai alat bukti dari suatu kepemilikan suatu benda. Seperti halnya tanda bukti untuk pembeli yang telah memberikan sebagian uang kepada penjual.

Contoh dari kwitansi jual beli rumah ini berisi tentang nomor kwitansi, nama lengkap pembeli, tujuan pembayaran, tempat, tanggal, nama lengkap yang menerima, cap dan stempel perusahaan, materai 6000.  Hal tersebut sama seperti contoh kwitansi jual beli tanah.

Contoh kwitansi dp jual beli tanah

Pembelian tanah ada juga yang menggunakan dp. Untuk memperkuat perjanjian jual beli tanah maka terdapat perjanjian dalam isi surat dan ditandatangani kedua belah pihak serta menggunakan materai. 

Contoh kwitansi dp jual beli tanah

Kwitansi jual beli tanah juga ditandatangani diatas materai mengingat nominal yang tinggi dalam trnasaksi jual beli tanah. Berikut ini contoh kwitansi jual beli tanah.

Baca Juga: Contoh Surat Perjanjian Jual beli Tanah alert-info

Contoh kwitansi dp jual beli rumah

Contoh kwitansi dp jual beli tanah

Kwitansi dp pembelian sebuah rumah bisa Anda download di akhir artikel ya. Jika Anda mau menjual rumah, pastikan membuat kwitansi jual beli yang ditandatangani diatas materai. Dengan adanya materai maka memiliki bukti kuat dan sah di mata hukum.

Kwitansi dp jual beli mobil

Contoh kwitansi dp jual beli mobil

Contoh kwitansi dp jual beli mobil

Jika membelian sebuah mobil dibayar tidak lunas maka dp yang Anda bayarkan tercatat dalam sebuah kwitansi pembelian. Kwitansi ini sebgai bukti jika ada transak jual beli mobil yang sah karena ditandatangani dalam kwitansi diatas materai.

Baca: Contoh Kwitansi Jual Beli Mobil alert-info

Invoice dp dan pelunasan

Contoh kwitansi dp jual beli tanah

Kami berikan contoh dp pmebelian suatu barang yang bisa Anda ganti tergantung keperluan Anda. Misal dp jual beli mobil, rumah atau pelunasan dari pembelian sebuah tanah.

Contoh invoice dp pdf, Excel, Word

Contoh kwitansi dp jual beli tanah

Diakhir artikel, Anda dapat mendownload 1 file yang berisi beberapa contoh invoice DP dengan format Pdf, Excel, Word. File Word, Excel bisa diedit untuk disesuaikan menurut kepentingannya. Untuk file Pdf tinggal dicopy saja ke Word untuk diedit kembali.

Baca Juga: Contoh Surat Jual beli Motor alert-info

Mengisi Sebuah Kwitansi

Untuk mengisi sebuah invoice dp ini perlu memperhatikan hal-hal dalam pengisiannya. Hal tersebut perlu diperhatikan agar terjadi pembelian maupun penjualan secara sah. Berikut contoh invoice dp lima hal yang wajib dilakukan dalam pengisian kwitansi.

1. Tidak perlu menekan kwitansi kosong supaya bukti dari tanda tangan milik kita tidak disalahgunakan oleh orang yang nggak bertanggung jawab.

2. Penulisan nama lengkap dari pembeli maupun penerima uang tersebut harus benar.

3. Menambahkan catatan bahwa kwitansi tersebut akan digunakan sebagai apa. Misalnya sebagai contoh kwitansi dp jual beli mobil.

4. Tempat dan tanggal dari terjadinya transaksi harus jelas.

5. Memberi materai agar lebih bernilai dan formal.

Baca Dulu: Contoh Kwitansi Gadai Motor alert-info

Fungsi Kwitansi dp

Setelah mengetahui apa itu invoice dp, kwitansi berbagai penjualan. Bisa disimpulkan bahwa kwitansi dp suatu pembelian ataupun penjualan terbilang sangat penting. Bagaimana tidak, berikut ini sejumlah fungsi dari kwitansi jual beli.

1. Bukti tertulis, dengan adanya kwitansi ini ternyata bisa melindungi kita dari masalah huup. Entah itu adalah kwitansi pembayaran utama, cicil,  maupun pembayaran lunas. Seperti contoh invoice dp jasa perorangan serta tagihan down payment.

2. Kwitansi juga merupakan bukti terkuat dari sebuah hak milik walaupun baru melakukan pembayaran dp. Contoh kwitansi dp jual beli mobil, tanah, rumah, dan lain sebagainya. Untuk memperkuat bukti seperti halnya kwitansi ini perlu dilakukan penambahan materai dengan minimal adalah 6000.

3. Penjual atau pembeli tidak bisa melakukan negoisasi ulang karena harga yang tertera seharusnya sudah dalam kesepakatan bersama. Selain itu, sudah terdapat tanda tangan dari penjual dan pembeli yang artinya pada awal mereka sudah menyetujuinya.

Nah itu dia sekilas tentang invoice dp yang bisa disampaikan. Jika kita merupakan tipe orang yang tidak mau ribet kira bisa menyimpan dalam bentuk pdf yang tentunya akan lebih praktis ditambah lagi tidak perlu membereskan kertas berserakan.

Baca Dulu:

Download berbagai contoh kwitansi dan invoice dp jual beli tanah, rumah, mobil lengkap dengan format Word, Excel, Pdf pada link di bawah ini.

DOWNLOAD/download/button


Tya Hanifah
Tya Hanifah Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu.

Posting Komentar untuk "Contoh Invoice & Kwitansi DP Jual Beli Tanah, Rumah, Mobil"