Download Contoh Dokumen, Tips Pengisian Formulir & Surat Rekomendasi Beasiswa KGSP


Contoh surat rekomendasi beasiswa KGSP - Di artikel ini kami akan akan membahas seputar tips pendaftaran KGSP, seperti pengisian formulir KGSP dan persiapan persyaratan dokumen lainnya. Diakhir artikel Anda dapat download contoh formulir KGSP.

KGSP Program Beasiswa Pemerintah Korea, atau disingkat KGSP, kini telah menjadi salah satu beasiswa bergengsi di dunia. Seiring ketenaran Korea Selatan meningkat (mungkin sebagian karena KPOP dan entah karena Samsung juga), sekarang semakin banyak orang yang ingin tahu tentang negara Korea Selatan. Apalagi, sebagai salah satu negara dengan perkembangan tercepat di planet ini, belajar di Korea Selatan tidak hanya memberikan pengetahuan yang mendalam di satu bidang, tetapi juga memberikan pengalaman hidup yang luar biasa menyaksikan Korea Selatan berkembang pesat. Karenanya, tak heran setiap tahun seleksi yang akan diberikan berupa beasiswa KGSP semakin ketat dan kompetitif. 

contoh surat rekomendasi beasiswa kgsp

Tahun 2012, terdapat 337 pelajar dari sekitar 90 negara di seluruh dunia yang datang ke Korea Selatan. Mahasiswa KGSP bahkan ikut dalam Latihan Taekwondo. 

Pada artikel ini, kami akan membahas tentang KGSP untuk Program Pascasarjana (Magister atau PhD), jadi jika Anda mencari Program Sarjana (S1) ini bukan halaman yang tepat untuk Anda. Namun begitu Anda bisa baca sebagai referensi atau masukan pengetahuan mengenai KGSP.


Tunjangan KGSP

Seperti diketahui dari situs NIIEDs (NIIED adalah lembaga pemerintah Korea Selatan yang bertanggung jawab untuk mengelola KGSP), beberapa tunjangan berikut disediakan untuk beasiswa KGSP: 

Tiket pesawat pulang-pergi dari satu negara ke Korea Selatan (dan kembali) 

Tunjangan bulanan sebesar 900.000 KRW per bulan (sekitar $ 850 USD) 

Tunjangan penelitian 210.000 KRW (ilmu sosial) dan 240.000 KRW (untuk ilmu alam) per semester 

Tunjangan pembayaran 200.000 KRW pada saat kedatangan CAKUPAN LENGKAP pelatihan bahasa (termasuk 2 kemungkinan biaya pendaftaran tes TOPIK) menyeluruh dari semua biaya masuk dan kuliah ke universitas. 

Biaya cetak disertasi: 500.000-800.000 KRW (tergantung biaya sebenarnya) 

Asuransi kesehatan dengan nilai 20.000 KRW per bulan. 

Tunjangan bulanan ekstra 100.000 KRW per bulan bagi mereka yang memiliki TOPIK 5 atau 6. 

Secara umum Program KGSP dapat dikategorikan menjadi dua kelompok: Kuota Kedutaan dan Kuota Universitas. Apa perbedaannya? Dalam hal Kuota Kedutaan, negara-negara tertentu diberikan kuota jumlah siswa yang dapat direkomendasikan ke Korea Selatan (misalnya Amerika Serikat 15, Indonesia 2, dll).


Cara melamar KGSP

Untuk melamar, seseorang harus menghubungi Kedutaan Besar Korea di negaranya. Metode seleksi biasanya tergantung pada kebutuhan negara, sedangkan untuk University Quota, seseorang harus mendaftar ke salah satu Universitas Korea Selatan, tanpa harus menghubungi kedutaan Korea Selatan di negaranya masing-masing.

Setiap universitas juga memiliki jumlah siswa maksimum yang dapat diterima (biasanya 15 siswa per universitas).

Satu pelamar hanya dapat melamar melalui satu metode. Jika NIIED menemukan bahwa dia melamar di dua kelompok, maka secara otomatis dia akan didiskualifikasi. Jadi sebelum melamar, seseorang perlu mempertimbangkan metode terbaik untuk tujuannya. Jika tujuan utamanya adalah untuk berada di universitas terbaik, maka mendaftar melalui Kuota Universitas akan memberikan lebih banyak kesempatan (tetapi tentu saja itu membutuhkan lebih banyak usaha dan catatan yang bagus). Sebaliknya, jika suatu negara memiliki kuota lebih banyak maka pengajuan melalui Kuota Kedutaan akan memberinya lebih banyak kesempatan untuk diterima. (Meskipun demikian, ini hanya pendapat PRIBADI, jadi sangat bisa diperdebatkan).

Secara pribadi tidak terlalu tahu tentang proses seleksi tahun ini. Namun, berikut adalah beberapa dokumen yang sangat berguna dari seleksi tahun lalu. 


Dokumen KGSP

Pengisian formulir KGSP

Pengisian formulir merupakan langkah awal dalam melamar program beasiswa ini, maka sangat penting untuk memastikan bahwa setiap orang memberikan yang terbaik saat mengajukan program beasiswa, terutama bagi mereka yang berasal dari negara dengan seleksi sangat ketat (pada tahun 2012, Indonesia merupakan negara dengan tingkat seleksi terberat).


Tips Umum 

Formulir yang diberikan bukan hanya formulir aplikasi, tetapi juga menunjukkan tingkat kesediaan pelamar untuk dipilih dalam program ini, karakternya, dan tentu saja kompetensinya. Oleh karena itu, perlu memberikan yang terbaik dalam mengisi dan mengirimkan dokumennya. Hal ini dapat dilakukan dengan memastikan bahwa Anda harus melengkapi dokumen. 

Periksa ulang tata bahasa Anda sebelum dokumen Anda cetak. Ini adalah langkah sepele namun cara terbaik untuk meningkatkan kesempatan Anda untuk dipilih. Untuk membuat diri Anda menonjol di antara yang lain, buat perbedaan sederhana namun unik dalam aplikasi Anda. Misalnya, Anda dapat mencetak aplikasi Anda pada kertas berkualitas terbaik (80 gsm bukan 70 gsm), melampirkan beberapa publikasi penelitian Anda (hanya yang paling penting), mencetak pada kertas cokelat muda, dll. 

Cara ini mungkin tidak membantu dalam proses seleksi secara kuantitatif, tetapi ini bisa sangat membantu dalam menarik minat yang baik dari panitia seleksi dan menunjukkan kepada mereka kesediaan yang kuat untuk diterima. 


Tips khusus pengisian formulir dari situs KGSP

Berikut adalah dokumen yang diperlukan untuk aplikasi: 

1. Data Pribadi: 

Bagian ini sama dengan resume / CV. Sangat disarankan untuk mendownload format CV yang tersedia secara online. Anda dapat mengeditnya dengan aplikasi Word, jangan ditulis menggunakan bopoint/pena ya. Disini, kemahiran bahasa seseorang akan menjadi keuntungan besar. Namun, jika Anda tidak memiliki, setidaknya Anda pernah kursus bahasa Korea, ini lebih baik daripada tidak sama sekali. 

Untuk makalah dan sertifikat penghargaan, Anda bisa memilih dua makalah TERBAIK untuk Anda terbitkan dan beberapa penghargaan TERBAIK. 

2. Catatan pengantar

Walaupun terbatas, seseorang perlu memasukkan setiap beberapa informasi berikut: 

Jalan hidup, pandangan hidup, latar belakang pendidikan, harapan & keinginan Anda, dll. Jangan lupa, masukkan riwayat Pendidikan dan pengalaman kerja dll. Terkait dengan program KGSP, sampaikan apa motivasi Anda melamar program ini. 

Baca Juga: Contoh Formulir Pendaftaran Siswa Baru alert-info

Tentang alasan studi di Korea, kami akan merekomendasikan pelamar untuk menulis esai dengan dasar berikut: 

  1. Pengalaman dan pencapaian terbaik selama ini; 
  2. Tujuan kedepan Anda
  3. Bagaimana KGSP dapat membantu Anda mencapai tujuan tersebut 

Dengan point tersebut, akan ada nilai lebih terkait korelasi dasar esai tersebut serta penerapannya akan jauh lebih baik daripada sekadar menjawab pertanyaan-pertanyaan. 

4. Rencana Studi

Bagian ini sangat mirip dengan rencana penelitian; apa yang akan dilakukan pelamar selama penelitiannya. Ini sudah menjadi rahasia umum sekarang karena hampir tidak ada yang akan memiliki hak istimewa untuk melakukan penelitiannya, tetapi dia perlu mengerjakan proyek yang ditawarkan / ditawarkan labnya. 

Baca Juga: Contoh Formulir Pendaftaran Perangkat Desa alert-info

Jadi apa gunanya bagian ini? Ini hanya mengukur keseriusan pelamar dalam melamar program dan untuk menguji pemahamannya di bidang penelitiannya. Hampir tidak ada yang akan melakukan apa yang pernah dia tulis dalam rencana penelitiannya tetapi siswa yang diterima biasanya memiliki latar belakang penelitian yang kuat dan visi penelitian yang jelas. 

Bagian selanjutnya adalah membahas rencana pelamar setelah menyelesaikan program studi. Tujuannya untuk memeriksa visi jangka panjang pelamar. Jika Anda menyampaikan ingin mendapatkan gelar master dan bekerja (misalnya menjadi seorang diplomat untuk negara, profesor / ahli kimia, dll) ini akan jauh lebih baik daripada Anda hanya berkeinginan untuk mengeksplorasi budaya Korea. 

Baca Dulu: Contoh Formulir Pendaftaran Masuk Sekolah dasar alert-info

5. Surat Rekomendasi

Memberikan 2 atau 3 surat rekomendasi akan sangat bagus saat melamar beasiswa. Rekomendasi sebaiknya dari seseorang yang memiliki posisi terpercaya, seperti rektor universitas, kepala fakultas, kepala jurusan atau kepala beberapa lembaga penelitian di universitas tersebut. Posisi hukum selalu memiliki rekomendasi yang dapat dipercaya. Yang lainnya bisa dari profesor yang sudah lama bekerja, jadi dia mengenal pelamar secara pribadi. Akan sangat bagus jika Anda bisa mendapatkan beberapa rekomendasi profesor Korea, karena orang Korea mempercayai orang Korea lain lebih dari orang lain. 

6. Surat perjanjian

Ini merupakan komitmen antara dua pihak yaitu pemohon dan NIIED. 

7. Surat Kesehatan / Medis 

Adanya surat kesehatan dari dokter pribadi atau rumah sakit / lembaga medis. Korea Selatan sangat memperhatikan kesehatan, jadi pastikan Anda tidak mengidap penyakit serius.

Baca Juga: Contoh Formulir Pendaftaran sekolah alert-info

8. Fotocopy ijazah (Sarjana).

Kalau sudah lulus, tidak ada masalah. Namun bagi yang belum mengantongi ijazah dapat menuliskan Surat Keterangan lulus yang ditandatangani oleh Kepala Jurusan. Sertakan transkip nilai dari Universitas atau jusuran Anda. 

Catatan:

Penting untuk memastikan bahwa setiap orang memberikan dokumen tersebut dalam bahasa Korea / Inggris (atau dengan terjemahan). 

Jika dokumen yang dikeluarkan oleh universitas tidak ada dalam bahas Englsih, maka cari lembaga penerjemahan yang yang tersertifikasi. 

9. Sertifikat TOEFL (salinan asli), jika ada. 

Jika tidak ada skor TOEFL , lebih baik Anda menunjukkan sertifikat pengalaman Kursus Bahasa Korea daripada dikosong. Sertifikat nilai TOEFL atau IELTS (salinan asli)memiliki nilai lebih dalam mendaftar beasiswa ke Korea. 

Sangat disarankan, seseorang yang mau mendaftar beasiswa KGSP memberikan beberapa copyan makalah terbaiknya,  terutama yang terkait dengan penelitiannya di masa depan. 

Penting juga untuk melampirkan salinan sertifikat penghargaan seseorang yang terkait dengan kehidupan Korea dan / atau bidang penelitian. 


Untuk salinan paspor (dapat diserahkan setelah seleksi). Sertifikat kewarganegaraan orang tua pemohon: akta kelahiran, paspor, dll(* Hanya berlaku untuk imigran Korea luar negeri) 

Dokumen adopsi 

(* hanya berlaku untuk adopsi Korea di luar negeri) Itu adalah beberapa catatan dalam mengisi formulir. Saya berharap ini akan sangat membantu untuk mengajukan beasiswa KGSP.

Contoh Surat Rekomendasi & Formulir Beasiswa KGSP

Download Contoh 1/download/button

Download Contoh 2/download/button

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post