Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer


Download Contoh SK Pengurus Masjid Dari Kepala Desa (doc Word)

Contoh SK pengurus masjid dari kepala desa - Surat Keputusan atau lebih dikenal lagi dengan sebutan SK merupakan suatu ketetapan yang dibuat secara tertulis oleh badan atau lembaga tertentu dengan mengacu pada peraturan perundang-undangan yang mengaturnya. Surat ini tak hanya berlaku bagi pegawai atau pekerja di suatu instansi yang besar, namun juga dapat ditujukan bagi anggota organisasi pengurus masjid di tingkat desa. Selain pengurus masjid, surat keputusan juga bisa ditujukan kepada imam masjid, pengurus majelis taklim, remaja masjid, maupun pengurus mushola. Karena berada di tingkat desa, SK pengurus masjid ini umumnya berasal dan disahkan oleh kepala desa setempat. Adapun mengenai contoh SK pengurus masjid saat ini sudah bisa ditemukan di internet dengan mudah. Namun, sebelum melihat contoh–contoh dari SK pengurus masjid, ada baiknya Anda terlebih dahulu mengetahui seperti apa peran dan fungsi dari pengurus masjid.

Contoh SK Pengurus Masjid

Contoh SK pengurus masjid dari kepala desa

Berikut ini adalah contoh SK pengurus masjid yang bisa Anda buat contoh atau referensi. 

SURAT KEPUTUSAN

KEPALA KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN LUBUK LINGGAU

NOMOR : KR.144/BA-02.4/SKI-TAHUN 2022


TENTANG


SUSUNAN PENGURUS MASJID AHMAD BIN SYAFAN

Jl Jati Asih, Lubuk, Kabupaten Linggau

TAHUN 2022


 KEPALA 

KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN LUBUK


Menimbang:

1. Bahwa demi kalancaran syiarnya agama islam di masjid  Ahmad Bin Syafan Desa Lubuj jecamatan Linggau maka dipandang perlu untuk membentuk pengurus Masjid Ahmad Bin Syafan Kecamatan Lubuk Kabupaten Linggau.

2. Bahwa nama-nama yang tertera di bawah ini dianggap mampu dalam melaksanakan tugas sesuai jabatan yang diberikan.


Mengingat:

1. PP Nomor 18 tahun 1986 Mengenai Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 8 Th. 1985 terkait organisasi keagamaan serta kemasyarakatan.

2. KMA Republik Indenesia No. 373 Thn. 2002 mengenai organisasi serta tata kerja Departemen Agama Propinsi serta kantor agama kabupaten maupun kota.

3. Peraturan Pemerintah Nomor 55 Th. 2006 Mengenai Pendidikan Agama dan Keagaman

4. Surat edaran Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia kabupaten Linggau Thn. 2009 mengenai pengurus masjid.


Memperhatikan: 

Tentang surat masuk dari pengurus Masjid Desa Kemiri Kecamatan Lubuk Kabupaten Linggau.


MEMUTUSKAN

Menetapkan: KEPUTUSAN KEPALA KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN LUBUK KABUPATEN LINGGAU MENGENAI SUSUNAN PENGURUS MASJID AHMAD BIN SYAFAN MASA BHAKTI 2022 - 2027.

Pertama : Membentuk pengurus masjid Ahmad Bin Syafan Desa Kemiri Kecamatan Lubuk Kabupaten Linggau untuk masa bhakti 2022 - 2027 dengan susunan anggota pengurus terlampir dalam Surat Keputusan ini.

Kedua: Surat Keputusan (SK) ini disampiakan kepada yang bersangkutan guna dilaksanakan serta pihak lain untuk diketahui.

Ketiga: Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan serta jika ada kekeliruan maka akan dilakukan perbaikan sebagaimana mestinya.


                                                            Ditetapkan di: Lubuk Linggau

                                                            Pada tanggal: 18 April 2022

                                                            Kepala Kantor Urusan Agama

                                                            Kecamatan Lubuk


                                                            Ashari, S.Ag 

Silahkan download format Word nya pada link dibawah ini.

Download


Contoh SK Pengurus Masjid Dari Kepala Desa Terbaru

Berikut ini adalah contoh SK (Surat Keputusan) Pengurus Masjid dari Kepala Desa terbaru yang bisa Anda download dengan format Word pada link Download di bawah.

Contoh SK Pengurus Masjid Dari Kepala Desa



Struktur Kepengurusan Pengurus Masjid 

Secara umum, susunan kepengurusan pengurus masjid di suatu desa juga menggunakan susunan organisasi yang berlaku umum. Dimana keanggotaan intinya minimal terdiri dari Ketua, Sekertaris, dan Anggota. Adapun contoh SK pengurus masjid dari kepala desa dapat Anda download melalui link download diatas. Sementara contoh SK pengurus musholla dapat Anda download dari link dibawah ini dalam format doc Word.

SK pengurus Mushola

Download


Selain pihak-pihak yang terlibat langsung dalam perawatan dan penjaga kebersihan masjid, ada beberapa pihak juga yang turut terlibat dalam kepengurusan masjid secara lebih luas. Pihak-pihak ini secara garis besar memiliki tugas dalam pengembangan pendidikan agama islam di sekitar masjid bersangkutan. Pengurus masjid tersebut antara lain tokoh agama, majelis taklim, dan remaja masjid.


1. Tokoh Agama 

Penamaan maupun struktur tokoh agama yang terlibat dalam kepengurusan suatu tempat ibadah berbeda-beda, tergantung dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. Sementara itu, untuk contoh struktur tokoh agama dalam agama Islam di tingkat desa, antara lain:

  • Imam Desa
  • Imam Kampung
  • Khatib

Namun susunan tokoh agama ini tidak menutup kemungkinan akan menghadirkan tokoh lain sesuai dengan kondisi dan kebutuhan, seperti adanya Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) maupun sebutan lainnya yang sepadan. Tokoh-tokoh pemuka agama ini masing-masing akan diberikan SK, seperti contoh SK imam masjid ini. 

Ketahui: Contoh SK Operator Sekolah

2. Majelis Taklim

Selain tokoh agama, pihak yang juga kerap berfungsi sebagai pengurus masjid yaitu anggota majelis taklim. Keanggotaan ini pada dasarnya berbentuk lembaga pendidikan Islam non-formal yang memiliki kurikulum tersendiri, diselenggarakan secara berkala dan teratur, tergantung dari kesepakatan anggota-anggotanya. Pembentukan majelis taklim dimaksudkan untuk membentuk ruang kajian ilmu keagamaan, baik dari aspek teologi, filsafat, maupun tasawuf. 

Baca Dulu: Contoh SK Pengangkatan Karyawan Tetap

Meskipun umumnya bersifat non-formal, namun beberapa kelompok majelis taklim di suatu masjid tertentu juga telah terbentuk secara formal. Kelompok ini, selain mengadakan kajian ilmu keagamaan, juga kerap berpatisipasi dan menjadi panitia suatu kegiatan keagamaan yang dilakukan di masjid. Oleh sebab itu, mereka juga berhak memperoleh SK dari kepala desa bersangkutan. Contoh SK majelis taklim pdf ini dapat menjadi contoh SK pengurus majelis taklim dari kepala desa.

Baca Juga: Contoh SK Pengangkatan Pengurus Organisasi

3. Remaja masjid

Remaja masjid adalah istilah untuk sekumpulan pemuda masjid yang melakukan aktivitas ibadah dan sosial di suatu lingkungan masjid. Remaja masjid juga memiliki suatu struktur organisasi tersendiri dan  memiliki pembagian tugas dan wewenang yang mengacu pada konsep Islam dengan menerapkan asas musyawarah, mufakat, dan amal jama'i dalam setiap aktivitasnya. Kelompok remaja ini seringkali diikutsertakan dalam suatu kegiatan keagamaan di suatu masjid sebagai panitia pelaksana. Karena peran dan fungsinya dalam menjaga dan memelihara masjid dan setiap aktivitas keagamaan di sana, mereka juga berhak memperoleh surat keputusan dari pihak berwenang terkait. 

Baca: Contoh SK Pengangkatan Ketua Yayasan

Contoh SK Imam Masjid

Dibawah ini kami berikan contoh SK Imam masjid jika Anda membutuhkannya. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda.

Contoh SK Imam masjid
Contoh SK Imam Masjid          
 

Silahkan download contoh SK Iman masjid pada link dibawah ini:

Link Download


Contoh Surat Pengajuan SK Takmir Masjid

Saat pengajuan SK pengurus masjid, perlu adanya prosedur dengan surat permohonan kepada pihak yang berwenang dalam mengeluarkan SK. Nah, surat permohonan ini dilengkapi lapiran pengurus masjid dan surat pengantar serta bukti lainnya (bila diperlukan).

Berikut ini contoh surat permohonan SK takmir masjid beserta format susunan pengurus takmir masjid.

surat permohonan sk takmir masjid

Contoh SK Remaja Masjid

Contoh SK remaja masjid atau pengurus majid lainnya bisa Anda lihat dan download di link dibawah ini.

Contoh SK Remaja Masjid

 

 Baca Dulu: Contoh Surat Keputusan Pengurus Koperasi

Demikian pembahasan mengenai berbagai contoh SK takmir masjid, semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Tya Hanifah
Tya Hanifah Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu.

Posting Komentar untuk "Download Contoh SK Pengurus Masjid Dari Kepala Desa (doc Word)"