Download Contoh SK Operator Sekolah (Dapodik) Paud, SD, SMP, SMA


Contoh SK operator sekolah PAUD - Untuk menetapkan petugas operator sekolah yang mengurus masalah input data sekolah melalui aplikasi Dapodik terlebih dahulu sekolah terkait membuat SK (Surat Keputusan). Isinya tentang penunjukan Operator Sekolah dan SK beserta surat tugas dan lampiran ini ditujukan atau dikirim ke Dinas Pendidikan setempat serta Pusat. Dengan menetapkan petugas sebagai opeator sekolah, maka pihak sekolah akan mendapat kewenangan dalam mengakses aplikasi Dapodik.

Contoh Surat Tugas Operator Dapodik PAUD, SD, SMP, SMA, SMK

Yang mendapatkan SK Operator sekolah atau surat penugasan untuk jadi operator Dapodik biasanya Wakil kepala Sekolah Bidang kurikulum. Namun tidak menutup kemungkinan, Waka Kurikulum mewakilkan atau memohon bantuan ke staf Tata Usaha Sekolah karena beberapa alasan mendasar. Semisal, Operator Sekolah sebaiknya orang yang menguasai IT. Ini karena dalam melaporkan berbagai data selalu berhubungan dengan komputer, data base dll.

Selain itu, tanggung jawab sebagai operator sekolah sangat besar, membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Hal ini dikarenakan semua data mengenai sekolah akan diinput di Dapodik. Baik data sekolah, sarana prasarana, data guru dan karyawan dan sebagian besar data profil sekolah akan tersimpan di aplikasi Dapodik. Ini tentu membutuhkan waktu dan ketrampilan yang cukup untuk mengelola semua data sekolah. Sedangkan tugas dari Waka Kurikulum sudah tidak bisa dibilang sedikit. 

Nah kali ini, kami akan berbagi tentang contoh SK Operator Sekolah mulai dari Paud, SD, SMP sampai SMA bisa langsung Anda download.


Download contoh SK Operator Sekolah Paud, SD, SMP dan SMA

Dalam contoh SK operator sekolah Paud, SD, SMP dan SMA ini, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

1. Kop sekolah beserta Kepala sekolah

Kop dan Kepala Skolah ini terletak di bagian paling atas diikuti dibawahnya dengan Nomor SK surat.

2. Penomoran Surat Keputusan (Nomor SK)

Nomor SK atau nomor Surat keputusan ini ditulis diurutan dibawah Nama sekolah, kecamatan dan kabupaten sekolah berada.

3. Pejabat yang mengeluarkan SK

Karena surat ini dikeluarkan oleh sekolah, maka pejabat yang berwenang adalah kepala sekolah dengan menunjuk petugas operator sekolah dari sekolahnya.

4. Konsideran

Konsideran adalah bagian surat yang berisi dasar hukum dalam membuat susunan SK atau Surat keputusan. Yang perlu diperhatikan disini, adanya nomor surat edaran terbaru yang kita sesuaikan. Disini pada poin menimbang, mengingat, peraturan Menteri dan nomor surat edaran.

5.  Diktum

Diktum adalah bagian dari suatu SK yang didalamnya terdapat butir-butir ketetapan. Diktum ini adalah inti dari isi Surat Keputusan.

6. Footer surat dan tembusan

Untuk footer atau kaki surat adalah tanda tangan kepala sekolah. Sedangkan tembusan adalah ditujukan ke Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, UPT Dikbud kecamatan serta pihak sekolah sendiri sebagai arsip.

7. Lampiran

Lampiran SK Operator sekolah terdiri dari biodata ptugas Operator Dapodik. Yang terdiri dari:

Nama lengkap operator, tempat, tanggal lahir, NIP, jabatan, status pegawai, Pendidikan terakhir, nomor handphone, alamat sekolah, Email sekolah, NPSN, nama kepala sekolah, NIP kepala sekolah dan nomor HP kepala sekolah.

Untuk lampiran lembar yang kedua adalah berisi tentang Tugas Operator Dapodik, SD, SMP, SMA.

Tidak seperti SK Penetapan Operator Dapodik, SK Penugasan ini tercantu hanya per semester saja. Dan pihak sekolah harus melakukan pembaharuan di https://sdm.data.kemendikbud.go.id. Untuk format Surat Tugas Operator Dapodik lebih sederhana dibandingkan SK  Penetapan karena tidak memerlukan Konsideran dan Diktum.

Bila Anda membutuhkan format atau contoh SK Operator Sekolah, dibawah ini bisa Anda download langsung.

Contoh SK Operator Sekolah PAUD, SD, SMP, SMA, SMK

Download/download/button

Contoh Surat Tugas Operator Dapodik PAUD, SD, SMP, SMA, SMK

Download/download/button

Demikian pembahasan mengenai contoh SK Operator Sekolah Paud, SD, SMP, SMA dan SMK beserta contoh surat tugas nya. Semoga bermanfaat buat Anda.

Related Posts

Post a Comment

Previous Post Next Post